Jelang Piala AFF 2018

Bima Sakti soal Kutukan Indonesia di Piala AFF

A. Firdaus    •    04 November 2018 20:36 WIB
piala aff
Bima Sakti soal Kutukan Indonesia di Piala AFF
Timnas Indonesia Senior (Foto: PSSI.org)

Jakarta: Sudah 11 kali mengikuti Piala AFF, tim nasional Indonesia tak kunjung meraih juara. Skuat Garuda hanya puas sebagai runner up. Apakah ini sebuah kutukan?
 
Menanggapi hal tersebut, Bima Sakti mencoba menanggapinya dengan realistis. Ia menilai kalau kutukan merupakan sebuah ungkapan dari orang saja.
 
“Soal kutukan itu cuma anggapan orang. Sedangkan kami fokus mempersiapkan diri. Selain itu tim lain juga bagus-bagus,” ujar Bima Sakti.

Baca: Filipina Dilatih Eriksson, Bima Sakti: Enggak Penting dengan Nama Besar

“Yang penting semua pemain menyadari dan punya semangat untuk bisa memecahkan, yang selama ini orang hanya pikir kita cuma bisa runner up. Intinya, kami sebagai tim pasti ingin yang terbaik di Asia Tenggara, bukan hanya menjadi nomor dua saja,” terangnya.
 
Dalam 11 kali turnamen yang diikuti, prestasi terbaik Indonesia adalah lima kali finis sebagai runner up. Termasuk pada perhelatan terakhir, di mana Boaz Solossa dan kawan-kawan saat itu kalah agregat 2-3 dari Thailand di final.

Sementara itu, Indonesia tergabung dalam grup B Piala AFF 2018 yang dihuni Filipina, Singapura, Thailand, dan Timor Leste. Tim Garuda akan melakoni laga perdana dengan menyambangi markas Singapura pada Jumat 9 November.




(FIR)