Profil Peserta Piala AFF 2018: Malaysia

Profil Timnas Malaysia: Mewaspadai Kejutan Harimau Malaya

Patrick Pinaria    •    07 November 2018 16:12 WIB
piala aff
Profil Timnas Malaysia: Mewaspadai Kejutan Harimau Malaya
Skuat Malaysia (putih) saat berhadapan dengan Jepang di Asian Games 2018. (Foto: AFP/Arief Bagus)

Jakarta: Tim nasional Malaysia pantas menjadi kesebelasan yang diwaspadai di Piala AFF 2018. Harimau Malaya disinyalir bisa memberikan kejutan pada turnamen sepak bola internasional terbaik di Asia Tenggara tersebut setelah melihat berbagai persiapan matang mereka.

Kekuatan Malaysia sempat meredup. Terutama di Piala AFF 2016. Secara mengejutkan, mereka harus angkat koper pada babak penyisihan grup.

Tergabung di Grup B bersama Vietnam, Myanmar, dan Kamboja, Malaysia tampil buruk. Dari tiga laga, mereka hanya menuai satu kemenangan dan harus menelan dua kekalahan. Hasil yang membuat mereka hanya mampu finis di peringkat ketiga.

Asosiasi Sepak bola Malaysia (FAM) mencoba untuk melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki performa timnas mereka. Bahkan, mereka merekrut pelatih berpengalaman Nelo Vinganda pada Mei 2017. Pelatih yang pernah melatih tim-tim besar seperti timnas Portugal, Arab Saudi, dan FC Seoul.

Baca: Profil Timnas Vietnam: Menatap Gelar Kedua di Piala AFF


Namun, upaya FAM merekrut Vinganda juga tidak membuahkan hasil. Di bawah kepelatihan Vinganda, penampilan Harimau Malaya malah makin menurun. 

Dari tujuh penampilan bersama pelatih asal Portugal tersebut, Malaysia tidak pernah menuai kemenangan. Rinciannya adalah enam kekalahan dan satu kali imbang.

Melihat hasil-hasil buruk Malaysia, FAM pun memutuskan memecat Vinganda pada akhir 2017. Kemudian, mereka mempercayakan Tan Cheng Hoe melatih timnas Malaysia. 

Keputusan mengangkat Tan terbilang jitu. Bukan apa-apa. Ia berhasil membuat performa Malaysia membaik.

Tan juga melakukan berbagai persiapan matang untuk Malaysia guna menghadapi Piala AFF 2018. Hal itu ditunjukkan Tan dari serangkaian hasil positif didapat Malaysia pada laga-laga uji coba sejak September.

Total, sudah lima pertandingan uji coba dihadapi Malaysia jelang Piala AFF 2018. Hasilnya pun memuaskan. Mereka mampu menuai tiga kemenangan. Sisanya mereka menelan dua kekalahan.

Berkaca dari hasil-hasil itu, rasanya bukan mustahil bagi Malaysia bisa membuat kejutan di Piala AFF 2018. Setidaknya, mereka bisa lolos ke babak semifinal demi memperbaiki prestasi mereka dari Piala AFF 2016.

Kans Malaysia lolos ke semifinal pun juga terbuka. Mengingat, mereka hanya memiliki lawan berat seperti Vietnam di babak penyisihan Grup A. Sisanya, Malaysia hanya menghadapi lawan-lawan yang tergolong di bawah level mereka seperti Myanmar, Kamboja, dan Laos. 

Pelatih
Tan Cheng Hoe

Nama Tan Cheng Hoe sebetulnya bukan nama asing lagi bagi timnas Malaysia. Sebab, ia sudah menjadi bagian dari tim kepelatihan Harimau Malaya sejak 2004. Saat itu, Tan menjadi asisten pelatih timnas Malaysia U-19. 

Kinerja Tan selama menjadi asisten pelatih di timnas Malaysia U-19 ternyata mampu menarik perhatian Asosiasi Sepak bola Malaysia (FAM). Mereka pun mencoba untuk mempercayakan Tan menjadi asisten pelatih timnas Malaysia senior dan timnas Malaysia U-23 pada 2009.

Di tim senior, Tan mendampingi Rajagopal yang dipercaya sebagai pelatih utama. Kolaborasi keduanya pun berhasil memberikan prestasi untuk Malaysia. Salah satunya adalah meraih gelar Piala AFF 2010. Saat itu, Malaysia mengalahkan Indonesia dengan skor agregat 4-2 pada babak final.

Prestasi Tan di level klub juga tidak kalah baik. Pada 2015, ia ditunjuk melatih Kedah pada 2014. Hebatnya, ia mampu membantu Kedah promosi ke Super League Malaysia alias Liga Utama Malaysia dari divisi kedua.

Pada musim 2016, Tan berhasil membawa Kedah finis di peringkat ketiga klasemen Liga Utama Malaysia dan juga mencapai babak semifinal Piala FA Malaysia.

Pemain Bintang
Norshahrul Idlan Talaha

Norsharul Idlan Talaha merupakan salah satu striker berpengalaman milik timnas Malaysia. Ia yang sudah berusia 32 tahun itu memiliki ketepatan dan kekuatan dalam melepaskan tembakan.

Sejauh ini, Idlan juga menjadi striker paling diandalkan timnas Malaysia. Total, ia sudah membuat 60 penampilan bersama Harimau Malaya di seluruh ajang. Dari total caps nya bersama Malaysia, ia berhasil mengemas delapan gol.

Profil Timnas Malaysia di Piala AFF 2018
Julukan: Harimau Malaya (Malayan Tigers)
Partisipasi: 11 kali
Prestasi Terbaik: Juara AFF (2010)
Pemain Bintang: Norshahrul Idlan Talaha
Pelatih: Tan Cheng Hoe

Skuat Malaysia di Piala AFF 2018:

Kiper:
1. Khairul Fahmi Che Mat
2. Hafizul Hakim Khairul Nizam Jothy
3. Farizal Marlias

Bek:
4. Shahrul Saad 
5. Adam Nor Azlin
6. Amirul Azhan Aznan
7. Irfan Zakaria
8. Syahmi Safari
9. Syazwan Andik Ishak
10. Nazirul Naim Che Hashim
11. Aidil Zafuan Radzak
12. Azrif Nasrulhaq Badrul Hisham

Gelandang:
13. Akhyar Rashid
14. Mohamadou Sumareh
15. Akram Mahinan
16. Syamer Kutty Abba
17. Kenny Pallraj Davaragi 
18. Syazwan Zainon 
19. Azzizan Nordin
20. Safawi Rasid 
21. Azam Azih 

Striker:
22. Zaquan Adha Radzak 
23. Norshahrul Idlan Talaha
24. Shahrel Fikri Fauzi 
25. Syafiq Ahmad 
26. Hazwan Bakri

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga


Video: Masyarakat Antusias Sambut Piala AFF 2018


(ASM)