Wakil Indonesia di kompetisi Asia

Persija Sudah Punya Target Meski Belum Dipastikan Tampil di Piala AFC

Patrick Pinaria    •    28 November 2017 23:09 WIB
persijapiala afcliga 1 indonesia 2017
Persija Sudah Punya Target Meski Belum Dipastikan Tampil di Piala AFC
Para pemain Persija merayakan gol ke gawang Semen Padang di Liga 1 (Foto: ANTARA FOTO/Risky Andrianto)

Jakarta: Persija Jakarta berpeluang tampil di kompetisi Asia, tepatnya Piala AFC di musim depan. Untuk itu, manajemen Macan Kemayoran sudah melakukan serangkaian persiapan, termasuk memasang target.

Persija memang hanya finis di posisi empat pada klasemen akhir Liga 1 musim ini. Sementara sesuai regulasi AFC, Indonesia hanya memiliki jatah tiga tim untuk tampil di kompetisi Asia -- juara liga akan tampil di play-off Liga Champions Asia, sedangkan tim peringkat dua dan tiga bermain di Piala AFC.

Secara posisi, Persija memang tidak memenuhi kriteria untuk lolos ke Piala AFC. Namun, peluang berkompetisi di turnamen kasta kedua sepak bola Asia itu terbuka, mengingat PSM Makassar yang menghuni peringkat tiga tidak memiliki lisensi AFC yang menjadi syarat mutlak untuk berlaga di berbagai kompetisi Asia.
 

Baca: Ultah ke-89, Persija Targetkan Juara Liga 1


Persija pun berpotensi mengisi tempat PSM dan mengambil jatah tampil di Piala AFC musim depan bersama Madura United yang berada di posisi lima.

Menyikapi peluang itu, manajemen Persija sudah melakukan serangkaian persiapan agar nantinya tim ibu kota benar-benar sudah siap jika dinyatakan berhak tampil di Piala AFC.

"Kami melakukan persiapan mulai sekarang. Mulai tanggal 16 Desember akan memulai latihan," ujar Direktur Persija, I Gede Widiade.

"Target kami adalah berkiprah secara positif. Sampai sekarang, kami belum tahu siapa lawan di Piala AFC. Jadi belum ada target secara khusus. Tetapi paling penting adalah melakukan yang terbaik," tambahnya.
 

Baca juga: 1928: Lahirnya Voetbalbond Indonesia Jacatra (Persija)
 

"Tetapi, saya tidak ingin memasang target muluk. Seperti dikatakan ketua umum Ferry, lebih baik kami tetap membumi ketimbang memasang target tinggi tidak karuan," tutur I Gede.

Kepastian Persija terkait peluang tampil di Piala AFC akan ditentukan setelah otoritas sepak bola Asia (AFC) melakukan rapat komite eksekutif yang akan berlangsung di Bangkok pada 29-30 November.

Di lain kubu, PSSI sudah menyodorkan lima klub penghuni papan atas klasemen akhir Liga 1 2017 ke AFC untuk kemudian ditentukan siapa saja yang berhak lolos ke kompetisi Asia musim depan.

Kelima klub tersebut di antaranya; Bhayangkara FC (juara), Bali United, PSM Makassar, Persija Jakarta dan Madura United. Namun, dari lima klub tersebut, Bhayangkara dan PSM belum memiliki lisensi AFC.

Video: Rekaman Penampilan Montella Bersama AC Milan
 




(ACF)

Jadwal Pertandingan Babak 16 Besar Liga Champions 2017--2018
Undian Babak 16 Besar Liga Champions 2017--2018

Jadwal Pertandingan Babak 16 Besar Liga Champions 2017--2018

1 hour Ago

Laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions akan digelar pada 13-14 dan 20-21 Februari 2018.…

BERITA LAINNYA
Video /