Banding Platini Ditolak, Presiden FIFA Sedih

Alfa Mandalika    •    10 Mei 2016 13:28 WIB
uefaliga dunia
Banding Platini Ditolak, Presiden FIFA Sedih
Gianni Infantino. (Foto: AP/Sakchai Lalit)

Metrotvnews.com, Mexico City: Michel Platini harus menerima kenyataan pahit lantaran banding kasus korupsi ditolak oleh Court of Arbitration for Sport (CAS). Alhasil, Platini berencana mundur dari Presiden UEFA pada kongres berikutnya.

Seperti diketahui, Platini tersandung masalah korupsi pada 2015. Gara-gara hal itu, Platini mendapatkan larangan terlibat dalam dunia sepak bola selama delapan tahun.

Secercah harapan muncul ketika Platini mendapatkan pengurangan hukuman menjadi enam tahun. Platini berharap hukuman berkurang menjadi empat tahun. Sayang, upaya bandingnya ditolak Pengadilan Arbitrasi Olahraga itu.

Menanggapi kasus tersebut, Presiden FIFA, Gianni Infantino merasa sedih. Pernyataan itu sebagai ungkapan pribadinya.

"Jelas, sebagai Presiden FIFA saya harus menghormati keputusa CAS, tidak ada keraguan tentang hal itu. Namun, dari pribadi saya, tentu saja saya sangat sedih atas keputusan tersebut," ujar Infantino seperti dilansir Sports NDTV, Selasa (10/5/2016).

"Saya sudah bekerja selama sembilan tahun terakhir dengan Platini. Kami bersama-sama sudah melakukan hal-hal besar. Saya ingin mengenang hal-hal positif tentang Platini," sambungnya.


Michel Platini/ Fabrice Coffrini (AFP) 

Setelah CAS memberikan keputusan yang pahit, Platini berencana akan mengundurkan diri sebagai Presiden UEFA. Hal itu diutarakan oleh pengacaranya.

"Michel Platini mengumumkan bahwa ia akan mengundurkan diri sebagai presiden UEFA pada kongres berikutnya. Dia juga sangat kecewa dan menganggap keputusan tersebut tidak adil," ujar pengacara Platini. 

Imbas dari hukuman tersebut akan dirasakan Platini dalam beberapa tahun ke depan. Meskipun ia memiliki peran untuk menambah peserta Piala Eropa dari 16 menjadi 24 tim, ia tidak akan hadir di perhelatan sepak bola antar negara Eropa itu, yang ironisnya diselenggarakan di tanah kelahirannya sendiri, Prancis. (Sports NDTV)


(ASM)