Suporter Tidak Tertib, Enam Negara Didenda FIFA

Kautsar Halim    •    03 Oktober 2017 12:34 WIB
fifa
Suporter Tidak Tertib, Enam Negara Didenda FIFA
Logo FIFA. (AFP PHOTO / SEBASTIEN BOZON)

Metrotvnews.com, Zurich: Perhelatan Kualifikasi Piala Dunia 2018 tidak berjalan mulus begitu saja. Buktinya, Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) terpaksa memberikan denda kepada negara-negara peserta yang melakukan pelanggaran.

Kebanyakan pelanggaran terjadi bukan disebabkan tim atau pemain yang bertanding. Akan tetapi, pelanggaran itu dilakukan oleh para suporter yang memberi dukungan secara berlebihan atau mengangkat isu di luar sepak bola.


Klik: Simon McMenemy Tak Ingin Skuat BFC Terlalu Percaya Diri


Untuk Jerman misalnya, FIFA terpaka memberikan denda sebesar USD33 ribu atau sekitar Rp448 juta karena meneriakkan yel-yel NAZI. Selain itu, ada tujuh negara yang dihukum karena suporter mereka menghina dengan kata-kata kasar atau berhubungan dengan LGBT.

Berikut daftar lengkap sanksi FIFA tersebut:

- Nigeria didenda sebesar USD31 ribu (sekitar Rp420 juta)  karena adanya kerusuhan suporter ketika timnasnya menjamu Kamerun di Uyo pada bulan lalu. Dalam laga itu, Elang Super--julukan Nigeria keluar sebagai pemenang dengan skor, 4-0.

- Federasi Sepak Bola Jerman didenda USD33 ribu (sekitar Rp448 juta) karena suporter mereka meneriakkan yel-yel berbau NAZI saat timnas Jerman bertandang kontra Republik Ceko. Denda itu disebutkan juga sudah termasuk dengan pelanggaran membawa flare.


Klik: Gerrard Berharap Harry Kane Pindah ke Liverpool


- Republik Ceko sebagai tuan rumah juga tidak terhindar dari sanksi ketika menjamu Jerman. Mereka dijatuhkan denda senilai USD5.150  (sekitar Rp69 juta) karena memicu kerusuhan antar suporter.  

- Uniknya, terdapat tiga negara yang didenda karena mengejek dengan sebutan gay. Argentina didenda USD67 ribu (sekitar Rp909 juta), Panama USD50.000 (Rp678 juta), dan Hungaria USD20.600 (sekitar Rp279 juta).

 


(KAU)

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya
Jelang Tottenham vs Juventus

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya

1 day Ago

Striker Tottenham Hotspur, Fernando Llorente, menegaskan tidak akan merayakan jika dia mencetak…

BERITA LAINNYA
Video /