Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia

Sengit, Australia Taklukkan Suriah dan Rebut Tiket Playoff Piala Dunia 2018

Achmad Firdaus    •    10 Oktober 2017 20:01 WIB
kualifikasi piala dunia 2018
Sengit, Australia Taklukkan Suriah dan Rebut Tiket Playoff Piala Dunia 2018
Selebrasi Tim Cahill usai jadi penentu kemenangan Australia atas Suriah dalam pertandingan memperebutkan tiket playoff Piala Dunia 2018 (Foto: AFP PHOTO / SAEED KHAN)

Metrotvnews.com, Sydney: Australia harus berjuang selama 120 menit untuk menjaga peluang tampil di Piala Dunia 2018. Lewat perpanjangan waktu, The Socceroos akhirnya berhasil mengalahkan Suriah dan mengamankan satu tiket playoff menuju Rusia.

Australia dan Suriah harus bertarung memperebutkan satu tiket tersisa dari zona Asia, karena hanya menempati posisi tiga di babak kualifikasi masing-masing. Mereka harus bertarung dua leg (kandang-tandang) untuk menentukan siapa wakil terakhir dari Asia yang akan bertarung melawan tim peringkat empat dari zona CONCACAF (Amerika Utara) untuk mendapatkan tiket ke Rusia.

Pada leg pertama di markas Suriah, 5 Oktober lalu, Australia gagal meraih kemenangan setelah gol Robbie Kruse di babak pertama, berhasil dibalas Omar Al Somah, lima menit jelang pertandingan berakhir.

Skor 1-1 di leg pertama membuat pertemuan kedua di ANZ Stadium, Sydney, Selasa 10 Oktober sore tadi berlangsung menarik. Baik Australia dan Suriah sama-sama bermain ngotot demi meraih kemenangan dan merebut tiket playoff.

Australia yang bermain di hadapan pendukungnya sempat dibuat terhenyak saat pertandingan baru berjalan enam menit. Lewat skema serangan balik cepat, Omar Al Somah sukses membawa Suriah unggul 1-0 (agregat 2-1) lewat sepakan kaki kirinya.
 

Baca: Daftar Lengkap 30 Pemain yang Masuk Nominasi Ballon d'Or


Australia langsung merespons tujuh menit berselang. Sang kapten, Tim Cahill membuka harapan tuan rumah usai menanduk umpan silang Mathew Leckie.

Kedudukan 1-1 (agregat 2-2) membuat pertandingan kian menarik. Australia terus membombardir pertahanan Suriah, namun sejumlah peluang yang mereka ciptakan gagal menembus solidnya pertahanan Suriah dan penyelamatan-penyelamatan impresif dari kiper Ibrahim Alma.

Skor 1-1 memaksa pertandingan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu 2X15 menit. Di momen ini, Australia mendapatkan keuntungan lantaran Suriah harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-94 karena Mahmoud Al Mawas menerima kartu kuning kedua usai melakukan pelanggaran keras terhadap Robbie Kruse.

Keunggulan jumlah pemain dimanfaatkan betul oleh para pemain Australia untuk mengurung pertahanan Suriah. Upaya keras tim besutan Angelo Postecoglu akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-109.
 

Baca juga: Tendangan Kalajengking Giroud Masuk Nominasi Puskas Award


Tim Cahill tampil sebagai pahlawan Australia setelah sundulannya menyambut umpan Kruse berhasil menjebol gawang Alma. Australia pun berhasil merebut tiket playoff dengan kemenangan 2-1 (agregat 3-2).

Selanjutnya, Australia akan berhadapan dengan tim penghuni peringkat empat di zona CONCACAF (Amerika Utara) di babak playoff. Ada tiga tim yang berpotensi jadi lawan Australia. Di antaranya Panama, Honduras dan Amerika Serikat. Ketiga tim ini baru akan memainkan pertandingan terakhirnya di babak kualifikasi pada Rabu 11 Oktober.

Jika berhasil mengalahkan tim peringkat empat zona CONCACAF, maka, Australia akan jadi negara Asia ke-5 yang akan tampil di Piala Dunia 2018, Rusia. Empat tim lain yang sudah dipastikan lolos antara lain; Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi dan Iran.

Video: Ini 15 Negara yang Dipastikan Lolos ke Piala Dunia 2018



(ACF)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

1 day Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /