Penyisihan Grup B Piala AFF 2018

Tahan Imbang Filipina, Eriksson: Timnas Indonesia Punya Masa Depan Cerah

Kautsar Halim    •    26 November 2018 00:41 WIB
piala aff
Tahan Imbang Filipina, Eriksson: Timnas Indonesia Punya Masa Depan Cerah
Pelatih timnas Filipina, Sven-Goran Eriksson (Foto: Medcom.id/Kautsar Halim)

Jakarta: Pelatih timnas Filipina Sven-Goran Eriksson memuji performa timnas Indonesia. Pujian itu ia lontarkan seusai kedua tim bermain imbang tanpa gol pada laga pamungkas Grup B Piala AFF 2018, Minggu 25 November.

Meski tidak ada gol yang tercipta, jalannya pertandingan memang terbukti berlangsung menarik di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Indonesia yang sudah dipastikan gagal melangkah ke semifinal tetap tampil menyerang dan sempat membahayakan gawang Filipina. 

Begitu juga dengan Filipina. Mereka yang hanya membutuhkan hasil imbang untuk melaju ke semifinal sempat mendapat beberapa peluang emas. Beruntung bagi Indonesia, Filipina gagal mencetak gol karena permainan apik kiper Andritany Ardhiyasa.

Baca: Susunan Pemain Indonesia vs Filipina: Garuda Full Team

"Pertandingan tadi menarik. Indonesia main cukup bagus dari Filipina. Kami juga punya peluang di depan gawang dan mestinya kita bisa cetak gol. Tapi itu tidak masalah," kata Eriksson dalam jumpa pers seusai laga.


(Suasana laga Indonesia vs Filipina (Foto: Medcom.id/Kautsar Halim)

"Kiper indonesia memang bermain sangat bagus. Tapi menurut saya, semua tim bermain bagus. Hampir semua pemain yang dimainkan juga pemain muda. Jadi saya simpulkan Indonesia punya masa depan yang cerah dan sangat baik. Indonesia bermain bagus sama seperti kami melawan Thailand," tambahnya.

Baca: Bungkam Singapura, Thailand Lolos Sebagai Juara Grup B

Dengan hasil imbang ini, Filipina berhak lolos ke semifinal sebagai runner up Grup B dengan koleksi 8 poin. Mereka mendampingi Thailand yang menjadi juara Grup B dengan kumpulan 10 poin. Indonesia sendiri sudah dipastikan gagal ke fase selanjutnya lantaran kalah dari Thailand dengan skor 2-4 pada laga ketiga. 

"Imbang (kontra Indonesia) tidak masalah, yang penting kami lolos semifinal dan bisa membuat semua senang," tutup Eriksson.


Video: PSM Makassar Rebut Puncak Klasemen Sementara Liga 1

 


(PAT)