Liga Europa 2016--2017

Prediksi Leg 2 Babak 16 Besar Liga Europa Dini Hari Nanti

Achmad Firdaus    •    16 Maret 2017 19:49 WIB
liga europa 2016--2017
Prediksi <i>Leg 2</i> Babak 16 Besar Liga Europa Dini Hari Nanti
Sesi latihan skuat Manchester United jelang bentrok kontra FC Rostov di leg 2 babak 16 besar Liga Europa 2016--2017 di Old Trafford (Foto: AFP PHOTO / Paul ELLIS)

Metrotvnews.com, Jakarta: Laga penentuan di babak 16 besar Liga Europa 2016--2017 akan digelar, Jumat 17 Maret dini hari nanti WIB. Tim-tim yang masih bertahan di fase ini wajib menampilkan performa terbaik apabila ingin lolos ke babak perempat final.

Sejauh ini, peta persaingannya masih cukup sengit lantaran tidak banyak tim yang berhasil meraih kemenangan besar pada leg pertama lalu. Dari delapan laga, hanya dua pertandingan yang menghasilkan skor dengan margin lebih dari satu gol.

Olympique Lyon dan Genk adalah tim-tim yang punya peluang bagus untuk melaju ke fase berikutnya lantaran hasil apik yang mereka raih di leg pertama.

Lantas, bagaimana peluang tim-tim lain untuk lolos ke babak berikutnya? Berikut Metrotvnews.com menyajikan ulasan singkatnya.

AS Roma vs Olympique Lyon (55-45)
Kemenangan 4-2 di Paris menjadi modal bagus bagi Lyon saat menyambangi Stadion Olimpico Roma pada leg kedua. Alexandre Lacazette hanya butuh hasil imbang atau minimal dengan margin tidak lebih dari dua gol untuk lolos.

Sebaliknya, tugas sulit diemban Francesco Totti dkk di mana mereka setidaknya harus menang 2-0 atau 3-1 untuk lolos. Kemenangan 3-0 atas Palermo di pentas Serie A akhir pekan lalu sedikit meningkatkan kepercayaan diri Roma menyambut laga ini.

Akan tetapi, Edin Dzeko wajib mewaspadai rekor impresif Lyon yang tidak terkalahkan dalam tujuh pertandingan terakhirnya. Roma kemungkinan bisa memenangi laga ini, namun agak sulit mengalahkan Lyon dengan marjin lebih dari satu gol.

Genk vs Gent (45-55)
Kekalahan 2-5 di kandang membuat peluang Gent untuk lolos bisa dibilang sangat tipis. Kini, mereka butuh setidaknya menang dengan margin empat gol saat bertandang ke markas Genk.

Misi ini bisa dikatakan nyaris mustahil jika merujuk pada rekor kandang Genk musim ini yang belum pernah kalah dengan margin lebih dari dua gol. Kekalahan kandang terbesar Genk di musim ini adalah 0-2 ketika digebuk Anderlecht, September tahun lalu.
 

Baca: Iker Casillas Pecahkan Rekor Paolo Maldini


Rekor pertemuan dua klub asal Belgia ini juga tidak menguntungkan buat Gent. Meski sukses meraih empat kemenangan dalam tujuh pertemuan terakhir dengan Genk, namun skornya selalu tipis.

Akan jadi sebuah keajaiban apabila pada pertandingan nanti Gent bisa menang 4-0 di kandang Genk.

Manchester United vs Rostov (60-40)
Gol Alexander Bukharov pada leg pertama lalu tidak hanya menyelamatkan Rostov dari kekalahan. Gol tersebut bisa menjadi modal penting Rostov saat bertandang ke markas Manchester United pada leg kedua.

Dengan modal imbang 1-1, Rostov cukup menahan imbang MU dengan skor minimal 2-2 atau lebih untuk lolos ke perempat final. Tapi, apakah mereka mampu mencetak dua gol di Old Trafford?

Rasanya sulit. Sebab, MU dipastikan bakal tampil trengginas di hadapan pendukungnya. Selain untuk mengejar tiket lolos ke babak selanjutnya, Jose Mourinho pastinya ingin membayar kekecewaan fan usai MU kalah dari Chelsea dan tersingkir dari panggung Piala FA.

Trofi Liga Europa jadi satu-satunya target yang masih bisa diraih MU musim ini setelah sebelumnya sukses menyabet titel Piala Liga Inggris. Di ajang Liga Primer Inggris, MU hampir bisa dipastikan gagal jadi juara karena sudah tertinggal jauh dari Chelsea di tabel klasemen.

Mengalahkan Rostov tampaknya bukan hal yang sulit bagi MU. Mereka bahkan berpotensi meraih kemenangan besar di laga ini, mengingat mesin gol andalan mereka, Zlatan Ibrahimovic bakal tampil bugar usai absen saat melawan Chelsea karena sanksi.

Ajax Amsterdam VS FC Copenhagen (55-45)
Peluang Ajax untuk lolos ke babak perempat final masih cukup terbuka meski kalah 1-2 dari FC Copenhagen pada leg pertama.

Gol tandang yang dicetak Kasper Dolberg pada leg pertama bisa jadi keuntungan buat Ajax. Berkat gol itu, mereka hanya butuh kemenangan 1-0 saat menjamu Copenhagen di Amsterdam ArenA.

Misi ini tidaklah terlalu sulit jika melihat catatan impresif Ajax yang menyapu bersih enam laga kandang terakhirnya dengan kemenangan. Teranyar, mereka sukses melumat FC Twente dengan skor telak 3-0.

Terlebih, pertahanan tim besutan Peter Bosz juga sangat kokoh saat bermain di kandang. Tercatat, dalam enam laga tersebut, Ajax hanya kebobolan dua gol.

Krasnodar vs Celta Vigo (50-50)
Celta Vigo sukses meraih kemenangan dramatis atas Krasnodar pada leg pertama lalu. Gol Claudio Beauvue pada menit akhir membawa Celta menang 2-1 di kandang.

Meski demikian, gol tersebut belum bisa membuat Iago Aspas dan kawan-kawan tenang. Sebab, mereka harus melakoni laga penentuan di markas Krasnodar.

Memang, hasil imbang sudah cukup bagi Celta untuk mengamankan tiket perempat final. Namun yang jadi masalah adalah Celta punya catatan buruk ketiga bermain di kandang lawan.

Dalam lima pertandingan terakhirnya, Celta hanya sekali menang. Bahkan, teranyar mereka dicukur Barcelona dengan skor telak 0-5.

Di lain kubu, Krasnodar juga punya rekor kurang baik ketika tampil di hadapan pendukungnya. Dari lima pertandingan terakhir, mereka hanya meraih dua kemenangan.

Akan tetapi, kepercayaan diri Naldo dan kawan-kawan sedikit terangkat menyusul kemenangan 2-1 atas Lokomotiv Moskow pada lanjutan Liga Rusia, akhir pekan lalu.

Anderlecht vs APOEL (50-50)
Gol tunggal Nicolae Stanciu pada leg pertama memberikan keuntungan besar buat Anderlecht. Dengan modal kemenangan 0-1 di kandang APOEL, Anderlecht hanya butuh hasil imbang untuk lolos.

Peluang lolos kian terbuka. Selain bakal tampil di hadapan publik sendiri, rekor kandang Anderlecht juga cukup mentereng. Mereka tidak terkalahkan dalam delapan pertandingan terakhirnya.
 

Baca juga: Jumpa Rostov, Manchester United Minus Rooney & Martial


Namun demikian, Anderlecht tidak lantas bisa menganggap enteng APOEL. Tuntutan meraih kemenangan dengan margin lebih dari satu gol akan memaksa pelatih Thomas Christiansen menginstruksikan permainan menyerang sejak menit awal.

Terlebih, rekor tandang APOEL juga cukup baik di mana mereka hanya kalah dua kali dari 10 laga terakhirnya.

Besiktas vs Olympiakos Piraeus (55-45)
Besiktas sedikit diuntungkan saat menjamu Olympiakos pada leg kedua nanti. Gol Vincent Aboubakar sukses menggagalkan kemenangan Olympiakos pada leg pertama.

Dengan modal skor imbang 1-1, Besiktas kini hanya butuh hasil 0-0 untuk melaju ke babak perempat final. Target ini tampaknya tidak terlalu sulit diwujudkan mengingat pada pertemuan terakhirnya di laga uji coba, Agustus 2016, Besiktas sukses menaklukkan Olympiakos 1-0.

Aboubakar kemungkinan akan kembali jadi andalan Besiktas di laga nanti. Sementara itu, Olympiakos yang wajib meraih kemenangan atau minimal meraih hasil imbang dengan skor 2-2 atau lebih, diyakini akan tetap mengandalkan pengalaman Esteban Cambiasso yang mencetak gol pada pertemuan pertama lalu.

Borussia Moenchengladbach vs Schalke (55-45)
Hasil imbang 1-1 pada pertemuan pertama lalu menjadi bukti bahwa Schalke dan Borussia Moenchengladbach memiliki kekuatan yang seimbang.

Faktor tuan rumah akan memegang peranan penting untuk menentukan siapa yang akan lolos. Jika merujuk pada enam pertemuan terakhir, lima laga berakhir untuk kemenangan tim tuan rumah.

Berkaca dari fakta di atas, Moenchengladbach sedikit diunggulkan pada laga nanti, sebab mereka akan tampil sebagai tuan rumah. 

Hal ini makin dipertegas dengan kemenangan besar (4-2) Gladbach atas Schalke pada pertemuan terakhirnya di Stadion Im Borussia Park, 5 Maret lalu.

Video: ?Manchester City Tersingkir dari Liga Champions
 


(ACF)

Final Liga Champions akan Digelar dalam Keadaan Atap Stadion Tertutup
Jelang Final LIga Champions 2016--2017

Final Liga Champions akan Digelar dalam Keadaan Atap Stadion Tertutup

2 days Ago

Untuk pertama kalinya laga final Liga Champions akan berlangsung dalam keadaan atap stadion ter…

BERITA LAINNYA
Video /