Piala Dunia 94, Saat Penonton Menumpuk di Stadion

Alfa Mandalika    •    03 April 2017 17:03 WIB
liga dunia
Piala Dunia 94, Saat Penonton Menumpuk di Stadion
Momen Roberto Baggio Gagal mengeksekusi penalti. (Foto: AFP/Chris Wilkins)

"Saya tidak bisa melupakan kegagalan penalti itu. Sulit menerima apa yang terjadi pada hari itu. Namun, semuanya membuat saya harus selalu rendah hati"


Kutipan pernyataan di atas terucap dari striker legendaris Italia, Roberto Baggio. Sampai saat ini, ia selalu terkenang kegagalan mengeksekusi penalti ke gawang Brasil pada final Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat. Gara-gara kegagalan itu pula, Italia gagal merengkuh gelar Piala Dunia keempat karena kalah penalti, 3-2.

Beruntung juga bagi Baggio, ia tidak menjadi sasaran penembakan seperti yang dialami oleh bek Kolombia, Andres Escobar. Escobar ditemukan tewas ditembak sepuluh hari usai menciptakan gol bunuh diri saat bersua Amerika Serikat.

Kisah-kisah tersebut mewarnai turnamen paling prestisius di kolong langit. Namun, ada satu momen juga yang menjadi perhatian yakni menumpuknya penonton saat babak final antara Brasil versus Italia.
 

Baca: Hasil Lengkap Pertandingan Liga Top Eropa


Awalnya, FIFA memang berharap sepak bola lebih dikenal di Negeri Paman Sam. Maklum, mereka lebih senang dengan olahraga baseball, rugby, atau bola basket. Ketika itu, sepak bola dianggap membosankan karena warga Amerika lebih menyukai jumlah skor yang banyak.

Namun, di luar dugaan, jumlah penonton setiap pertandingan mendapatkan perhatian luar biasa. Kendati Amerika Serikat tidak berpengalaman menggelar turnamen sepak bola, tetapi faktanya, secara jumlah penonton, bisa dibilang sukses.

Rata-rata penonton yang hadir mencapai 70.000 orang per pertandingan. Pencapaian itu tersebut malah melewati rekor penonton di stadion yang tercipta pada 1950 di Brasil.

Baca: 1999: Selebrasi Ala Pecandu Kokain Robbie Fowler


Puncaknya, pada pertandingan final di Stadion Rose Bowl, Los Angeles, menyemut. Berdasarkan wikipedia, jumlah penonton yang hadir mencapai 94.194 orang. Padahal, kapastias Rose Bowl hanya 91.784 orang.


Suasana Stadion Rose Bowl, Los Angeles saat final Piala Dunia 1994. (Foto: Ist)

Melihat gambar dari atas stadion, terlihat puluhan ribu penonton 'mengepung' lapangan. Hal itu menggambarkan bahwa masyarakat AS mulai melirik sepak bola sebagai olahraga yang patut untuk diikuti. 

Dan puluhan ribu orang itu juga menjadi saksi bagaimana sepakan Baggio melambung tinggi dan Brasil merayakan juara keempat di Piala Dunia. (Berbagai sumber)

Video: Highlight Laga Big Match Liga Inggris




(ASM)

Hadapi City, Napoli Diminta Istirahatkan Bintang
Jelang Manchester City vs Napoli

Hadapi City, Napoli Diminta Istirahatkan Bintang

9 hours Ago

Meski laga melawan City menjadi pertarungan penting, Presiden Napoli Aurelio De Laurentiis just…

BERITA LAINNYA
Video /