Pada Hari Ini

2009: Robert Green Catatkan Rekor Buruk di Timnas Inggris

Patrick Pinaria    •    10 Oktober 2016 10:30 WIB
pada hari ini
2009: Robert Green Catatkan Rekor Buruk di Timnas Inggris
Robert Green (Kanan) (Foto: Dailymail)

Metrotvnews.com, Jakarta: Rekor buruk diciptakan mantan kiper timnas Inggris Robert Green pada 10 Oktober 2009 atau tepatnya tujuh tahun silam. Ketika itu, ia harus menyandang status sebagai kiper Inggris pertama yang mendapat kartu merah ketika menghadapi Ukraina.

Inggris saat itu dijadwalkan untuk melawan Ukraina pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2010. Saat itu, skuat Three Lions sedang dalam kepercayaan diri yang tinggi menghadapi laga tersebut karena belum meraih kekalahan pada babak kualifikasi. Selain itu, mereka juga sudah memastikan tiket lolos ke Piala Dunia.

Green menjadi salah satu pemain yang berjasa dalam penampilan apik Inggris. Ia kerap dipercaya pelatih Inggris Fabio Capello untuk menempati starter di skuat Inggris dalam lima pertandingan terakhir pada babak kualifikasi.

Namun, kisah manis Green bersama Inggris harus tercoreng ketika tampil menghadapi Ukraina. Ketika itu, ia tampil buruk dengan melakukan pelanggaran keras terhadap Artem Milevskiy. Hasilnya, ia pun mendapat kartu merah pada menit ke-14. Ini merupakan hal pertama yang terjadi bagi kiper Inggris. Usai Green keluar, pelatih Inggris Capello memasukkan David James. 

Beruntung bagi Inggris karena striker Andriy Shevchenko gagal mengeksekusi tersebut setelah tendangannya membentur tiang. Meski begitu, Inggris tetap harus kebobolan karena Ukraina berhasil mencetak gol pada menit ke-29 lewat tendangan Sergiy Nazarenko. Sementara itu, Inggris tak mampu mencetak gol balasan sehingga skor 1-0 untuk Ukraina bertahan hingga laga usai.

Usai peristiwa nahas itu, Green tetap mendapat kepercayaan dari Capello untuk tampil sebagai starter saat menghadapi Amerika Serikat pada laga perdana Piala Dunia 2010. Namun, Green kembali menunjukkan penampilan buruk. Ketika itu, ia melakukan blunder saat menahan tendangan Clint Dempsey.

Gara-gara kesalahan itu, Green pun kehilangan kepercayaan dari Capello. Ia pun tak lagi dipercaya sebagai starter dan posisinya digantikan oleh James hingga akhir kompetisi. (TDIFH)

 


(PAT)

Video /