Pada Hari Ini

1999: Arsenal Merekrut Top Skorer Sepanjang Masa Klub

Alfa Mandalika    •    03 Agustus 2017 08:09 WIB
pada hari ini
1999: Arsenal Merekrut Top Skorer Sepanjang Masa Klub
Thierry Henry dan Arsene Wenger. (Foto: Huffington Post)

Metrotvnews.com: Arsenal melakukan pembelian penting pada 1999. Tepatnya, pada hari ini 3 Agustus 18 tahun silam, The Gunners resmi meminang Thierry Henry dari Juventus.

Henry direkrut Arsenal dengan banderol 11 juta poundsterling. Angka itu bisa dibilang menjadi tidak relevan jika melihat kontribusi Henry selama membela Arsenal.

Pemain bernama lengkap Thierry Daniel Henry memulai karier profesional bersama AS Monaco sejak 1994. Dia diboyong oleh Arsene Wenger ketika masih melatih di sana. Namun, kebersamaan mereka tidak berlangsung lama. Sebab, Wenger memutuskan hengkang.

Empat tahun berseragam Monaco, Henry menorehkan 28 gol dan menorehkan 37 assist. Ia memberikan dua gelar yakni Ligue 1 dan Trophee des Champions. Performa itu ternyata membuat Juventus terkesan. Alhasil, Henry dibawa Juventus dengan nilai transfer 10,5 juta poundsterling.

Baca: Atletico Juara Audi Cup setelah Menang Adu Penalti atas Liverpool


Sayang, ekspektasi tinggi kepada Henry malah berbanding terbalik. Sang pemain seperti kesulitan beradaptasi sehingga hanya membela Bianconeri selama setengah musim.

Kondisi itu akhirnya diketahui Wenger yang sudah melatih di Arsenal. Akhirnya, tanpa ada hambatan berarti, Wenger mulus mendatangkan Henry pada 1999.

"Dia (Henry) adalah striker internasional muda yang akan menjadi aset besar Arsenal. Dia memiliki pengalaman yang bagus baik di klub maupun sepak bola internasional dan akan memperkuat senjata kami," kata Wenger saat memperkenalkan Henry.

Baca: Klopp Menegaskan Coutinho takkan Menggantikan Neymar


Dan benar saja, pernyataan Wenger terbukti. Henry menjelma menjadi striker yang menakutkan di kotak penalti lawan. Sepanjang membela Arsenal dari 1999 hingga 2007, Henry mengemas 226 gol sekaligus menjadi top skorer sepanjang masa Arsenal.

Bersama Arsenal, Henry memberikan dua gelar Liga Primer, tiga gelar Piala FA, dan dua gelar Community Shield.

Setelah delapan tahun bersama, Henry melanjutkan kariernya di Barcelona dan New York Red Bulls. Pada akhir kariernya, dia sempat dipinjamkan ke Arsenal pada 2012. (TDIFH)

Video: 5 Klub Top Eropa Kenakan Jersey Rancangan Fan



(ASM)

Menyerah Kejar Mahrez, Roma Bidik <i>Winger</i> Juventus
AS Roma 2017--2018

Menyerah Kejar Mahrez, Roma Bidik Winger Juventus

1 hour Ago

Setelah tak lagi melakukan pengejaran kepada Riyad Mahrez, AS Roma dilaporkan mempertimbangkan …

BERITA LAINNYA
Video /