Gothia Cup China 2017

Cipta Cendikia Wakili Indonesia di Piala Dunia Usia Muda

Kautsar Halim    •    12 Agustus 2017 20:19 WIB
sepak bola
Cipta Cendikia Wakili Indonesia di Piala Dunia Usia Muda
Skuat Cipta Cendikia Football Academy (CCFA) yang berangkat ke Gothia Cup China 2017. (Foto: Humas CCFA)

Metrotvnews.com, Jakarta: Cipta Cendikia Football Academy (CCFA) memberangkatkan 17 pemain terbaiknya ke turnamen sepak bola usia muda berlevel dunia, Gothia Cup China (GCC) 2017. Event tersebut dijadwalkan berlangsung di Shenyang, Tiongkok, pada 12 hingga 20 Agustus.

CCFA adalah wadah pelatihan sepak bola intensif yang terintegrasi dengan sarana pendidikan formal. Para siswanya merupakan anak-anak terpilih dari berbagai wilayah Indonesia yang memiliki bakat di bidang sepak bola. Selain itu, beberapa penggawa CCFA juga pernah mengukir prestasi di kompetisi Indonesia Junior Soccer League (IJSL) 2016.

Khusus tahun ini, CCFA hanya memberangkatkan 17 anak berusia 12-13 tahun ke GCC 2017. Mereka semua sudah dididik secara maksimal dan menjalani pemusatan latihan selama tiga hari (7-10 Agustus) untuk bertanding di kategori lomba U-13. 
 

Klik: Burnley Tumbangkan Sembilan Pemain Chelsea


Terdapat 29 negara dari lima benua di dunia yang menjadi partisipan Gothia Cup China 2017. Masing-masing negara boleh mengirimkan lebih dari satu tim dan tampil untuk semua kategori lomba. Jadi, motivasi serta tujuan berkompetisi masing-masing tim juga tentu berbeda-beda.

Dede Supriyadi selaku Kepala Pelatih dan Direktur CCFA menjelaskan, kategori lomba U-13 merupakan kompetisi sepak bola untuk anak-anak usia dini. Jadi, tujuan utama timnya tampil di GCC 2017 bukanlah sebuah kemenangan atau menjadi juara. 

"Mendapatkan pengalaman bertanding di ajang internasional dan menambah jam terbang bermain sepak bola merupakan tujuan utama kami," kata Dede. 

Bob Hippy selaku manajer menambahkan, CCFA memang tidak memasang target muluk-muluk di Tiongkok. Namun, bukan berarti CCFA tidak memiliki motivasi bertanding atau bakal tampil sekadarnya. Mantan anggota Exco PSSI itu menjelaskan, pembentukan mental dan karakter pemain juga salah satu tujuan utama keikutsertaan timnya.

"Kami mengikuti GCC 2017 hanya semata-mata ingin memberi panggung kepada anak-anak CCFA untuk mengasah kemampuan dan berinteraksi dengan peserta lain dari negara yang berbeda," ujar Bob.

"Jadi, CCFA lebih menekankan kedisiplinan, bermain dengan menjunjung tinggi sportivitas dan mengedepankan fairplay. Kemenangan hanya bonus dari kedisiplinan anak-anak kami saja," tambahnya.


Klik: Dramatis, Watford Gagalkan Kemenangan Liverpool


Sejatinya, terdapat 16 kategori umur (termasuk sepak bola putri) yang dilombakan di turnamen GCC 2017. Namun, CCFA hanya mampu mengikuti satu kategori saja karena terkendala biaya. Demi memberangkatkan 17 anak saja, CCFA harus merogoh kocek yang jumlahnya cukup besar.

"Semoga ke depannya ada pihak-pihak yang tertarik untuk memberikan konstribusi, mengingat mayoritas siswa CCFA adalah anak-anak yang mendapat beasiswa dan berasal dari keluarga yang kurang beruntung," tutup Dewi Abriani, salah seorang pemilik Yayasan Cipta Cendikia. 

Gothia Cup China (GCC) merupakan perluasan dari turnamen Gothia Cup Swedia atau yang sering disebut juga sebagai Piala Dunia Pemain Muda. 2017 merupakan tahun kedua bagi Tiongkok untuk memegang amanah sebagai tuan rumah. (RO)




(KAU)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

3 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /