Jelang Filipina vs Indonesia

Jumpa Indonesia, Pelatih Filipina Minta Pemainnya Main Cerdas

Patrick Pinaria    •    22 November 2016 12:55 WIB
piala aff
Jumpa Indonesia, Pelatih Filipina Minta Pemainnya Main Cerdas
Thomas Dooley (Foto: MI/Susanto)

Metrotvnews.com, Bulacan: Filipina gagal meraih hasil maksimal saat menghadapi Singapura pada matchday pertama penyisihan grup A Piala AFF 2016, Sabtu 19 November. Pada laga tersebut, mereka harus puas bermain imbang dengan skor 0-0.

Pelatih Filipina, Thomas Dooley mengaku timnya sedang mengalami masalah kebugaran sehingga gagal meraih hasil maksimal pada laga perdana tersebut. Untuk itu, ia berharap anak-anak asuhnya lebih mengandalkan kecerdasan agar bisa bertahan pada turnamen ini. Termasuk, saat menghadapi Indonesia pada matchday kedua penyisihan grup A Piala AFF 2016, Selasa 22 November. 

"Kurangnya kondisi fisik menjadi kerugian besar dan kami harus segera mengatasi masalah ini. Saya mengatakan kepada pemain jika kami bisa bertahan lama dalam turnamen ini. Jadi sekarang, kami harus bermain cerdas dan mendapatkan latihan yang sempurna dalam permainan untuk meningkatkan kebugaran," ujar Dooley.

Baca: Mengenang Duel Indonesia vs Filipina di Semifinal Piala AFF 2010


"Pada 2014, kami mendominasi hampir 90 menit saat melawan Indonesia karena kami fit. Saya pikir Indonesia berada dalam kondisi tepat saat ini sehingga akan menyulitkan," tambahnya.

Pada kesempatan itu, Dooley juga menyebut alasan lain yang membuat kondisi timnya semakin buruk, yaitu absennya dua pemain kunci seperti Daisuke Sato dan Javier Patino.

Baca: Riedl: Kami Lebih Bugar Ketimbang Filipina


"Kami kehilangan Sato yang menjadi kunci permainan tim. Ia mungkin masih muda, tetapi bisa mengendalikan permainan tim," kata Dooley.

Filipina saat ini berada di posisi kedua klasemen dengan mengoleksi satu poin. Meski masih berpeluang lolos, Filipina masih belum aman lantaran mereka hanya unggul satu poin dari Indonesia yang berada di posisi buncit. Bahkan, mereka memiliki poin yang sama dengan Singapura yang berada di posisi ketiga klasemen. (Aseanfootball)


Video: Rekor Pertemuan Indonesia vs Filipina

 


(ASM)

Video /