Piala Dunia 2018

Brandt: Oezil Bukan Alasan Jerman Gagal

Gregorius Gelino    •    03 Agustus 2018 19:26 WIB
bolatimnas jerman
Brandt: Oezil Bukan Alasan Jerman Gagal
Julian Brandt saat dapat pengarahan dari Joachim Loew-AFP/JONATHAN NACKSTRAND

Leverkusen: Pemain tim nasional Jerman Julian Brandt, membela rekan senegaranya, Mesut Oezil, dari kritikan berbagai pihak. Seperti diketahui, Jerman harus angkat kaki lebih dulu di Piala Dunia 2018 di Rusia setelah menempati posisi juru kunci di penyisihan grup.

Kegagalan Die Mannschaft dikaitkan dengan penampilan Oezil yang dinilai buruk. Terutama setelah swafotonya bersama Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan tersebar di media sosial. Kritikan keras terhadap tingkah laku Oezil semakin deras.

"Bahwa topik ini (swafoto dengan Erdogan) masih ada merupakan satu hal, tapi itu tidak mengalihkan fokus kami di Piala Dunia," ujar Brandt kepada Kicker. 

Baca juga: Gabriel Jesus Teken Tambah Masa Bakti di City

"Itu bukan topik yang dibicarakan di dalam skuat," lanjut winger Bayer Leverkusen tersebut.

Penampilan buruk Jerman dan fakta bahwa Oezil berswafoto dengan pemimpin Turki itu menjadikannya kambing hitam oleh masyarakat Jerman. Bahkan Oezil sempat menjadi sasaran tindakan rasisme oleh sebagian pendukung Jerman dan oknum ofisial DFB (PSSI-nya Jerman).

"Mesut bukanlah alasan kegagalan kami, ia mungkin melakukan beberapa kesalahan, dan dia tidak menampilkan performa terbaiknya. Tapi kami semua juga tidak menampilkan yang terbaik," ujar pemain berusia 22 tahun tersebut.

Video: Kalahkan Vietnam, Timnas Indonesia U-16 Kukuh di Puncak Grup A
 


(RIZ)