Timnas Kolombia

Pekerman Mundur dari Timnas Kolombia

Patrick Pinaria    •    05 September 2018 12:08 WIB
Timnas Kolombia
Pekerman Mundur dari Timnas Kolombia
Jose Pekerman (Foto: AFP/John Vizcaino)

Bogota: Timnas Kolombia tidak akan dilatih Jose Pekerman lagi. Pria asal Argentina tersebut memutuskan untuk mundur dari kursi kepelatihan Los Cafeteros.

Kepastian mundur sebagai pelatih Kolombia langsung dikonfirmasi Pekerman dalam acara konferensi pers, Selasa 4 September.

"Saya akan selalu memerhatikan bagaimana perkembangan Kolombia. Tidak hanya sisi sepak bola, tetapi juga sebagai sebuah negara," ujar Pekerman.

Baca: Sadio Mane Bantu Bersihkan Toilet Masjid

"Saya akan selalu menjadi bagian dari negara ini. Saya berharap keberhasilan tim ini akan berlanjut," tambahnya.

Pekerman ditunjuk menjadi pelatih Kolombia pada Januari 2012. Ia dipercaya menggantikan Leonel Alvarez yang dianggap gagal membangkitkan La Tricolor dari keterpurukan pada tahun sebelumnya.

Sejak itu, Pekerman sukses membawa Kolombia tampil cukup oke. Selama hampir enam musim, ia mampu membawa Los Cafeteros lolos ke Piala Dunia sebanyak dua kali, yakni pada 2014 dan 2018.

Baca: Cara Morata Mengatasi Frustrasi di Chelsea

Pada Piala Dunia 2014, Kolombia mampu melaju hingga ke perempat final. Ini menjadi pencapaian terbaik di sepanjang sejarah mereka selama mengikuti Piala Dunia.

Hanya saja, hasil kurang memuaskan didapat Kolombia di Piala Dunia 2018. Mereka hanya mampu melangkah sampai ke babak 16-besar setelah disingkirkan Inggris.

Meski sudah memutuskan mundur, Pekerman enggan mengumumkan kelanjutan masa depannya. Namun, menurut laporan, ia akan melatih timnas Meksiko yang ditinggalkan Juan Carlos Osorio usai Piala Dunia 2018. (Goal)


Video: Kalah dari UEA, Hansamu: Belum Rezeki Indonesia

 


(PAT)


Video /