Jelang Swedia kontra Italia

Swedia Punya Bekal Gagalkan Italia ke Piala Dunia

Gregah Nurikhsani Estuning    •    10 November 2017 10:31 WIB
timnas italiakualifikasi piala dunia 2018
Swedia Punya Bekal Gagalkan Italia ke Piala Dunia
Skuat Italia. (Foto: AFP PHOTO / PIERRE-PHILIPPE MARCOU)

Stockholm: Timnas Italia akan bertamu ke Friends Arena, markas Swedia dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2018 Rusia. Meski diunggulkan, Gli Azzurri memiliki memori buruk jika mendengar kata Swedia.

Giampiero Ventura, pelatih kepala timnas Italia mengatakan tak punya pilihan lagi selain membawa Gianluigi Buffon dan kawan-kawan lolos Piala Dunia tahun depan. Terdengar klise, padahal ia disebut-sebut bakal menangani Bayern Munchen andai gagal mewujudkannya.

"Kami sama sekali tidak pernah berpikir akan gagal berlaga di Piala Dunia," ujar Ventura.

Tuan rumah sudah pasti kehilangan sosok Zlatan Ibrahimovic di lini depan, namun bukan berarti kekuatan Swedia melemah. Manajer Janne Andersson memiliki stok pemain kelas satu lainnya.
 

Baca: 2009: Kiper Timnas Jerman Tewas Bunuh Diri


Victor Lindelof, Andreas Granqvist, Emil Krafth, Jakob Johansson, Martin Olsson dan Jimmy Durmaz bisa menjadi andalan. Hanya saja, Andersson meminta pemain-pemain tersebut agar bisa mengontrol emosi, sebab mereka sudah mengantongi kartu kuning.

Piala Dunia 1958 dan 1998
Bagi tim sebesar Italia sekali pun, laga kualifikasi nanti tidak bisa dipandang sebelah mata. Meski bertabur bintang, sebut saja, Marco Veratti, Ciro Immobile, Lorenzo Insigne, Leonardo Bonucci, sampai Zappacosta, Swedia pernah menjadi kenangan buruk bagi tim Biru Langit.

Nyaris 60 tahun lalu, atau tepatnya di Piala Dunia 1958, Italia dipaksa cuma mendengarkan radio saja. Pasalnya, mereka kalah 1-2 dari Irlandia Utara di Belfast. Menariknya, Swedia adalah tuan rumah Piala Dunia 1958.

Namun demikian, Italia boleh berkaca pada play-off Piala Dunia 1998. Di babak penentuan dua leg itu, Pierluigi Casiraghi menjadi pahlawan negaranya karena menjadi pencetak gol kemenangan di leg dua yang digelar di San Paolo tahun 1997 silam.
 

Baca: Nazar Ekstrem Aguero dan Messi jika Argentina Juara Piala Dunia


Yang menjadi lawan kala itu adalah Rusia. Maka pertemuan Italia kontra Swedia di kualifikasi Piala Dunia 2018 kali ini merupakan kebalikan. Italia tinggal berharap ada 'pengganti Casiraghi' di laga nanti.

Konsistensi dan Stockholm Syndrome
Marcello Lippi berhasil membawa Italia keluar sebagai juara dunia tahun 2006. Kemenangan tersebut diwarnai drama tandukan Zinedine Zidane, rasanya final Piala Dunia di Jerman itu tak akan bisa dilupakkan oleh siapa pun.

Sayang, permasalahan klasik menimpa Italia, yakni konsistensi. Sempat mengukir hasil manis di Piala Eropa 2012, Gli Azzurri terus melempem di turnamen besar berikutnya, termasuk di kualifikasi Piala Dunia 2018.

Kekalahan 0-3 kontra Spanyol dan hasil imbang 1-1 saat menjamu Makedonia menjadi borok Italia di sepanjang kualifikasi. Ventura dicemooh karena terkesan cuma meneruskan peninggalan 3-5-2 ala Antonio Conte.

Bukan cuma itu saja, Stockholm juga ternyata punya rekor yang tidak mendukung perjalanan Andrea Belotti cs. Sejak 1912, Italia tidak pernah menang atas Swedia jika laga digelar di Stockholm.

Video: Raih 68 Angka, Bhayangkara FC Belum Juara Liga 1 2017
 


(KAU)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

15 hours Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /