Pada Hari Ini

2002: Aksi Diving Tak Terpuji dari Rivaldo

Krisna Octavianus    •    03 Juni 2017 10:30 WIB
pada hari ini
2002: Aksi <i>Diving</i> Tak Terpuji dari Rivaldo
Rivaldo mengerang kesakitan usai mendapat hantaman bola hasil sepakan Unsal

Metrotvnews.com, Jakarta: Rivaldo dikenal sebagai salah satu pesepak bola terbaik di dunia. Penghargaan FIFA Ballon d'Or 1999 menjadi bukti sahih kehebatan pemain asal Brasil itu dalam mengolah si kulit bundar.

Namun, perjalanan karier Rivaldo tidak selalu mulus. Ia pernah berada dalam titik terendah dan mendapat cercaan usai melakukan aksi teatrikal dengan berpura-pura cedera saat membela Brasil melawan Turki di babak penyisihan Piala Dunia, 3 Juni 2002.

BACA: Baik Bale atau Isco, Allegri Siap Menghadapinya

Aksi Rivaldo dilakukan sebelum melakukan sepak pojok pada injury time babak kedua. Ketika itu, Rivaldo yang berdiri di samping bendera sudut lapangan mendapat hantaman bola yang ditendang oleh pemain Turki, Hakan Unsal. Dari tayangan ulang terlihat bola mengenai paha Rivaldo. Namun Rivaldo justru mengerang kesakitan seolah-olah bola menerpa wajahnya.

Rivaldo tersungkur selama beberapa detik di lapangan. Aksi provokatifnya sukses mengelabui wasit. Buktinya Unsal langsung mendapat kartu merah dari wasit pertandingan asal Korea Selatan, Kim Young-Joo gara-gara insiden tersebut.



FIFA tidak tinggal diam. Setelah melakukan investigasi, FIFA menyatakan Rivaldo sebagai pihak bersalah. Sebagai bentuk hukuman, FIFA menjatuhkan denda 11 ribu Francs Swiss (sekitar Rp151 juta) kepada pesepak bola yang kala itu bermain untuk Barcelona tersebut.

"Saya tidak menyesali perbuatan itu. Ini sesuatu yang tidak akan pernah berakhir di dunia sepak bola," ujar Rivaldo terkait aksinya saat melawan Turki.

Rivaldo sebetulnya mencetak gol dan dinobatkan sebagai pemain terbaik pada laga tersebut. Namun prestasi itu tercoreng lantaran ia melakukan tindakan tidak sportif. Hingga saat ini, rasanya "diving" Rivaldo lebih dikenal ketimbang performa impresifnya yang membawa Brasil memenangkan pertandingan dengan skor 2-1 itu. (TDIFH)

 


(KRS)

Hadapi City, Napoli Diminta Istirahatkan Bintang
Jelang Manchester City vs Napoli

Hadapi City, Napoli Diminta Istirahatkan Bintang

7 hours Ago

Meski laga melawan City menjadi pertarungan penting, Presiden Napoli Aurelio De Laurentiis just…

BERITA LAINNYA
Video /