Pada hari ini

2010: Awal Pahit Spanyol untuk Menjadi Juara Dunia Pertama Kalinya

A. Firdaus    •    16 Juni 2017 07:48 WIB
pada hari ini
2010: Awal Pahit Spanyol untuk Menjadi Juara Dunia Pertama Kalinya
Momen gelandang Swiss, Gelson Fernandez saat merayakan golnya ke gawang Spanyol (Foto: Ist)

Metrotvnews.com, Jakarta: Spanyol datang ke Piala Dunia 2010 Afrika Selatan dengan status sebagai juara Piala Eropa 2008. Menyandang status tersebut, membuat pasukan Vicente del Bosque difavoritkan menjadi juara pada Piala Dunia kali ini.

Apalagi kala itu Spanyol berada dalam generasi Emas. Skuat La Roja bermaterikan para pemain kelas dunia. Seperti Xabi Alonso, Xavi Hernandez, dan Charles Puyol.

Namun apa mau dikata. Menjalani laga perdana grup H, 16 Juni 2010 silam, Spanyol harus menderita kekalahan. Mereka takluk atas tim non-unggulan Swiss pada laga yang berlangsung di Mbombela Stadium.

Klik di sini: Jawaban Cristiano Ronaldo Soal Tudingan Menggelapkan Pajak

Satu-satunya gol pada pertandingan tersebut dicetak oleh gelandang Swiss Gelson Hernandez. Pemain kelahiran Praia, Portugal tersebut membobol gawang Iker Casillas pada menit ke-52.

Meski mendominasi jalannya pertandingan dan unggul secara statistik dengan penguasaan bola mencapai 67 persen, toh catatan itu tak membuat Spanyol terhindar dari kekalahan.

Tapi kekalahan itu hanya menjadi batu loncatan, sebab Spanyol buru-buru terbangun. Mereka mampu menuai kemenangan demi kemenangan dalam perjalanan mereka menuju final.

Klik di sini: Fan Tewas saat Tragedi Ledakan di Turin, Juve Sampaikan Belasungkawa

Mental kebangkitan itu dibuktikan dengan menyingkirkan para tim unggulan. Sebut saja Portugal, Jerman, hingga Uruguay berhasil Spanyol kalahkan demi berjumpa Belanda di final.

Pada laga pamungkas, Spanyol akhirnya mampu menumbangkan Belanda. Melalui perpanjangan waktu, Andres Iniesta mencetak gol tunggal pada menit ke-116. Gol yang akhirnya membawa Spanyol meraih juara dunia untuk pertama kalinya, sekaligus mewujudkan misi mereka mengawinkan gelar Piala Eropa dengan Piala Dunia.

Pesepakbola Tersandung Kasus Penggelapan Pajak
 


(FIR)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

4 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /