Tragedi Pesawat Chapecoense

Tokoh Sepak Bola Berikan Penghormatan untuk Korban Tragedi Chapecoense

Krisna Octavianus    •    30 November 2016 12:15 WIB
liga dunia
Tokoh Sepak Bola Berikan Penghormatan untuk Korban Tragedi Chapecoense
Gambar pesawat yang ditumpangi oleh pemain Chapecoense hancur berkeping-keping (Foto: USA Today)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tragedi kecelakaan pesawat yang melibatkan tim asal Brasil, Chapecoense membuat tokoh sepak bola dunia berkomentar. Mulai dari Pele, Diego Maradona, hingga Lionel Messi memberikan penghormatan kepada seluruh korban yang tewas.

Pesawat charter Avro RJ85 (BAe 146) membawa segenap elemen Chapecoense, mulai dari pemain, ofisial, staf pelatih, serta beberapa jurnalis itu menuju Kolombia. Rencananya, Chapecoense akan melakoni laga final leg pertama Copa Sudamericana 2016 melawan Atletico Nacional.

Namun, laga itu tidak akan pernah berlangsung karena pesawat yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan di pegunungan daerah Cerro Gordo, La Union, Medellin, Kolombia. Kejadian ini mengundang simpati dari tokoh sepak bola dunia.

"Sepak bola Brasil berduka. Ini kejadian sangat tragis. Belasungkawa saya kepada keluarga rekan-rekan pemain yang meninggal. Beristirahatlah dalam damai," tulis Pele di twitter.

"Sayangnya para pemain ini, yang sedang dalam perjalanan menuju laga final, menaiki pesawat yang salah," tulis Maradona di facebook miliknya.

"Itu kecelakaan yang mengerikan. Saya ada beberapa teman yang ikut dalam penerbangan itu, beberapa pemain muda. Itu sangat sulit bagi saya untuk bermain malam ini (kontra Leeds) karena saya tahu banyak teman di sana. Kami hanya berharap bahwa keluarga memiliki dukungan yang mereka butuhkan dan korban beristirahat dalam damai," ujar gelandang Liverpool, Lucas Leiva.

BACA: Jungkalkan Leeds United, Liverpool ke Semifinal

Di Spanyol, setiap klub besar seperti Real Madrid dan Barcelona menggelar acara mengheningkan cipta di sesi latihan mereka.

"Belasungkawa tulus saya kepada seluruh keluarga, rekan, serta suporter skuat Chapecoense," tulis Messi di twitter.

"Ini adalah tragedi besar. Saya pikir itu adalah wajib untuk melakukan penyelidikan mendalam untuk mengkonfirmasi setiap langkah keamanan di tempat. Jelas, kita tidak berbicara tentang situasi yang memengaruhi hanya olahraga, tapi keluarga dan banyak orang yang berbeda. Kita harus meratapi itu secara mendalam dan mengirimkan semua belasungkawa kami," kata pelatih kepala Barcelona Luis Enrique.

"Saya ingin mengirimkan dukungan dan dukungan dari klub saya untuk semua keluarga dan teman-teman dari orang-orang yang meninggal dalam kecelakaan ini di Kolombia. Juga, tentu saja, ke klub Chapecoense dan semua pendukung mereka. Kami sangat sedih atas apa yang terjadi," uja pelatih Madrid, Zinedine Zidane.





(KRS)

Video /