Wakil Indonesia di Kompetisi Asia

PSSI Sodorkan 5 Klub Liga 1 untuk Wakili Indonesia di Kompetisi Asia

Patrick Pinaria    •    27 November 2017 22:02 WIB
liga 1 indonesia 2017
PSSI Sodorkan 5 Klub Liga 1 untuk Wakili Indonesia di Kompetisi Asia
Sekjen PSSI Ratu Tisha (Foto: MTVN/Patrick Pinaria)

Jakarta: Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) telah mengajukan lima klib Liga 1 Indonesia 2017 untuk mengikuti kompetisi Asia. Kelima klub tersebut diajukan PSSI sesuai dengan daftar peringkat lima teratas di Liga 1 Indonesia 2017.

Kelima klub tersebut di antaranya Bhayangkara FC (1), Bali United (2), PSM Makassar (3), Persija Jakarta (4), dan Madura United (5).

Meski demikian, PSSI tidak bisa memastikan kelima klub tersebut ikut di kompetisi Asia. Mengingat, ada dua klub yang tidak memiliki lisensi AFC seperti Bhayangkara dan PSM. Menurut Tisha, semua keputusan terkait tim mana yang bisa ikut kompetisi Asia sepenuhnya ada di tangan AFC dan PSSI tidak bisa melakukan intervensi.

"Kami tetap mengajukan lima klub, sesuai peringkat klasemen di Liga 1. Tetapi, yang punya lisensi baru Bali United, Madura United, dan Persija Jakarta," ujar Tisha.
 

Baca: PSM Makassar Perpanjang Kontrak Kerja Robert Alberts


Jika lisensi AFC menjadi hal yang tidak bisa ditawar, maka, tiga tim yang akan mewakili Indonesia di kompetisi Asia musim depan adalah Bali United, Persija Jakarta dan Madura United.

"Posisinya, Bali United mendapat posisi play-off Liga Champions Asia. Apabila gagal, ia turun ke AFC Cup. Persija ikut AFC Cup, dan Madura cadangan," lanjutnya

"Kemudian apabila Bali United lolos play-off, maka Madura ke AFC Cup. Pak Haruna Soemitro (Manajer Madura United) harus berdoa Bali United (lolos) agar bisa Madura bisa masuk AFC Cup," tutur Tisha.
 

Baca juga: Comvalius Melanjutkan Karier di Luar Indonesia 


Bhayangkara tampil sebagai juara Liga 1 dengan hanya unggul head to head atas Bali United, setelah kedua kubu sama-sama mengoleksi 68 poin di akhir musim. Sebagai juara, Bhayangkara sejatinya berhak mewakili Indonesia untuk berlaga di pentas Asia musim depan. 

Sayang, peluang Bhayangkara untuk tampil di Liga Champions Asia terancam pupus lantaran belum memiliki lisensi AFC yang menjadi syarat mutlak untuk berlaga di kompetisi Asia.

Video: ?Indonesia Bungkam Guyana 2-1
 


(ACF)

Jadwal Pertandingan Babak 16 Besar Liga Champions 2017--2018
Undian Babak 16 Besar Liga Champions 2017--2018

Jadwal Pertandingan Babak 16 Besar Liga Champions 2017--2018

53 minutes Ago

Laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions akan digelar pada 13-14 dan 20-21 Februari 2018.…

BERITA LAINNYA
Video /