Jelang Inggris vs Jerman

Laga Persahabatan Inggris vs Jerman Bakal Menggunakan VAR

A. Firdaus    •    08 November 2017 17:36 WIB
laga persahabatan
Laga Persahabatan Inggris vs Jerman Bakal Menggunakan VAR
Ilustrasi VAR (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, London: Laga persahabatan internasional antara Inggris kontra Jerman pada Jumat 9 November akan menggunakan video assistant referee (VAR). Ini adalah penggunaan VAR pertama kalinya di daratan Inggris Raya.

Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) sebelumnya telah menyetujui uji coba penggunaan VAR mulai 2016. Keterlibatan video ini untuk meminimalisir kontroversi yang sering terjadi di lapangan hijau.

Seperti memutuskan apakah gol yang terjadi sah, jika wasit tak yakin dengan keputusannya. Selain itu, VAR juga memberikan andil untuk memutuskan wasit memberikan penalti, kartu merah, dan beberapa insiden yang hilang dari pandangan wasit.

Klik di sini: Paul Pogba Segera Pulih dari Cedera

VAR memang tak memiliki kekuatan untuk mendesak wasit berkonsultasi dengan bukti video tersebut, namun mereka dapat merekomendasikan agar bukti menjadi pertimbangan dalam sebuah pertandingan.

Termasuk pertandingan antara Inggris menghadapi Jerman di Wembley nanti. Laga kedua tim dipilih untuk mengujicobakan VAR karena sarat insiden kontroversial.

Klik di sini: Demi Terhindar Sanksi FFP, PSG akan Jual Dua Pemain Bintang

Seperti pada Piala Dunia 1966, saat Inggris memenangkan final menghadapi Jerman. Ketika itu gol kedua Geoff Hurst disahkan meski belum melewati batas garis gawang.

Yang paling diingat adalah Piala Dunia 2010, di mana gol Frank Lampard yang telah masuk ke dalam gawang tak disahkan wasit. Padahal jika sah, gol tersebut bisa membuat keadaan imbang 2-2. Namun akhirnya Jerman yang memenangkan pertandingan dan lolos ke perempat final dengan skor 4-1 atas The Three Lions.

Ada Masjid Megah di Stadion Allianz Arena
 


(RIZ)

Siapa Lolos, Siapa Tersingkir di <i>Matchday</i> 5? Ini Hitung-hitunganya!
Liga Champions 2017--2018

Siapa Lolos, Siapa Tersingkir di Matchday 5? Ini Hitung-hitunganya!

2 hours Ago

Sebanyak 12 tim berpeluang mengikuti jejak empat tim yang sebelumnya sudah lebih dulu lolos ke …

BERITA LAINNYA
Video /