Pada Hari Ini

2000: Tim Sepak Bola Wanita Norwegia Raih Emas di Olimpiade

Patrick Pinaria    •    14 September 2017 10:00 WIB
pada hari ini
2000: Tim Sepak Bola Wanita Norwegia Raih Emas di Olimpiade
Logo Olimpiade 2000 (Foto: TDIFH)

Metrotvnews.com, Jakarta: Timnas wanita Norwegia membuat sejarah apik pada 17 tahun silam. Tepat pada 14 September 2000, mereka sukses meraih medali emas di Olimpiade usai mengalahkan Amerika Serikat di babak final.

Keberhasilan Norwegia mengalahkan AS cukup mengejutkan. Mengingat, mereka sempat menuai dua kali kekalahan dalam dua pertemuan terakhir di ajang Olimpiade.

Kekalahan pertama didapat Norwegia pada babak semifinal Olimpiade 1996 di Amerika Serikat. Ketika itu, Norwegia kalah dengan skor 1-2 lewat babak perpanjangan waktu. AS menang setelah sukses membobol gawang Norwegia lewat gol Shannon MacMillan pada menit ke-100.

Baca: Ronaldo Bersinar, Madrid Bungkam APOEL

Kemudian, Norwegia mendapat kesempatan kembali bertemu dengan AS setelah berada dalam satu grup di babak penyisihan grup. Pada kesempatan itu, Norwegia bertarung dengan AS di Stadion Melbeourne Cricket Cround.

Namun, Norwegia gagal membalaskan dendam mereka pada laga tersebut. Mereka harus menelan kekalahan dengan skor 0-2. Gol AS dicetak oleh Tiffeny Milbrett (18') dan Mia Hamm (24').

Kekalahan dari AS tak lantas membuat semangat Norwegia mengendur. Mereka terbukti mampu bangkit dan terus menuai kemenangan sehingga lolos ke babak semifinal dengan status runner-up. Sedangkan status juara grup berhasil dipegang AS.

Baca: Tottenham Buat Dortmund Tak Berkutik di Wembley

Pada babak semifinal, Norwegia berhasil mengalahkan Jerman dengan skor 1-0. Sementara itu, AS juga menang atas Brasil dengan skor 1-0.

Kemenangan itu membuat keduanya lolos ke babak final dan bertemu kembali. Namun, kali ini, Norwegia berhasil menaklukkan AS dengan skor 3-2 lewat babak perpanjangan waktu.

Mellgren menjadi pahlawan kemenangan bagi Norwegia pada laga tersebut. Berkat gol yang dicetaknya pada menit ke-102, Norwegia pun berhasil unggul dengan skor 3-2 hingga laga usai. (TDIFH)


Video: Timnas Indonesia U-19 Lolos ke Semifinal Piala AFF U-18

 


(PAT)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

2 days Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /