Jelang Persija vs Johor Darul Ta'zim

Tiga Pertemuan Klub Indonesia vs Malaysia yang Paling Dikenang di Piala AFC

A. Firdaus    •    10 April 2018 16:21 WIB
piala afc
Tiga Pertemuan Klub Indonesia vs Malaysia yang Paling Dikenang di Piala AFC
Duel Arema kontra Selangor FA (Foto: AFC)

Jakarta: Rivalitas Indonesia dengan Malaysia memang selalu menarik perhatian. Tak hanya di level timnas, kedua negara ini ternyata sering menghadirkan rivalitas di level klub.

Sebelum pertemuan antara Johor Darul Ta'zim antara Persija, klub-klub dari Indonesia dan Malaysia kerap bertemu. Terutama di ajang Piala AFC.

Seperti disitat situs resmi AFC, ada tiga pertandingan yang paling dikenang dan menarik perhatian dari pertemuan klub asal Indonesia dengan Malaysia ini. Di antaranya ketika para pemain Arema menyingkirkan raksasa Malaysia, Selangor FA pada fase grup.

Klik di sini: Bek JDT Siap Hadapi 'Teror' Jakmania

Situasi sama akan terjadi ketika Persija menghadapi Johor Darul Ta'zim Selasa 10 April malam ini. Berbekal kemenangan 3-0 pada pertemuan pertama di Malaysia, bukan tak mungkin klub berjuluk Harimau dari Selatan membalaskan dendam Selangor untuk bisa mengusir Persija dari salah satu turnamen paling bergengsi di Asia ini.

Berikut adalah tiga momen pertemuan antara klub Indonesia vs Malaysia di Piala AFC:
1. Awal Persaingan Klub Indonesia vs Malaysia di Piala AFC (PSMS Medan 3-1 Johor FC)
Pertandingan pertama antara Indonesia dan Malaysia di Piala AFC terjadi pada Maret 2009. Ketika itu, PSMS Medan bertemu dengan Johor FC (sekarang Johor Darul Ta'zim) di grup F pada 17 Maret 2009.

Johor membuat laga pembuka dengan hasil imbang 0-0 melawan klub asal Maladewa, VB Sports Club. Sama seperti Ayam Kinantan yang juga diimbangi South China dari Hongkong 2-2.

Meski begitu, nasib baik mendatangi PSMS. Bertanding di Stadion Sriwijaya, Palembang karena stadion Teladan Medan tak memenuhi persyaratan AFC, PSMS mampu memenangi laga kandang dengan skor 3-1 atas Johor.

Hal itu mereka lanjutkan pada pertemuan kedua di Malaysia, di mana Ellie Eiboy dan kolega mampu mempermalukan tuan rumah dengan skor 0-1.

Dengan hasil itu, PSMS mampu lolos ke fase berikutnya lantaran mengantongi empat kemenangan, sekali imbang, dan sekali kalah. Sayang, langkah mereka terhenti oleh wakil Thailand, Chanburi dengan skor 0-4. Sementara Johor hanya finis di posisi keempat fase grup.

Klik di sini: Klopp: Manchester City Bisa Timbulkan Badai Petir untuk Liverpool

2. Striker Lebanon Momok Singo Edan (Kelantan 3-0 Arema, Arema 1-3 Kelantan)
Striker Lebanon, Mohammed Ghaddar telah dikenali baik di sepak bola Malaysia dalam beberapa hari. Tepatnya setelah menjadi bagian enam tahun bermain untuk Kelantan FA, Felda United, dan Johor Darul Ta'zim.

Melipir ke 2012, ketika Ghaddar menjalani musim pertamanya di Malaysia dengan Kelantan. Saat itu, ia masih pemain yang kurang dikenal.

Bersama Kelantan, yang merupakan juara bertahan Liga Super Malaysia, kehadiran Ghaddar sangat diharapkan. Mengingat, Kelantan FA punya start buruk dengan menelan sekali kekalahan dan sekali imbang pada dua laga pembuka.

Tetapi, ketika menghadapi Arema dalam dua pertandingan beruntun (pekan ketiga dan keempat), Kelantan beserta Ghaddar meraih dua kemenangan beruntun.

Ghaddar mencetak hattrick pada kemenangan pertama Kelantan 3-0 atas Singo Edan di Stadion Sultan Muhammad IV, 4 April 2012. Selanjutnya di Malang, Ghaddar kembali menjadi momok buat Arema lantaran mencetak dua gol saat Kelantan menang 3-1 atas Singo Edan.

Klub asal Malaysia itu pun memenangkan dua laga akhir fase grup dengan memuncaki klasemen dan finis hingga perempat final. Sementara Ghaddar finis di Piala AFC 2012 dengan delapan gol dari sembilan pertandingan.

3. Arema Singkirkan Wakil Malaysia (Arema 1-0 Selangor FA)
Datang dengan lima pertandingan, Arema menjalani laga terakhir fase grup F sebagai tuan rumah. Mereka duduk di posisi kedua dengan koleksi tujuh poin. Dua poin di depan raksasa Malaysia, Selangor FA.

Meski begitu, tim tamu berkunjung ke Malang dengan kepercayaan diri tinggi, lantaran memiliki modal kemenangan atas pimpinan klasemen Hanoi T&T 3-1 pada pekan sebelumnya.

Sebaliknya, Arema hanya mendapatkan satu poin dari dua pertandingan pembuka. Termasuk saat diimbangi Selangor FA dengan skor 1-1 di Malaysia.

Bermain di depan penggemar mereka yang bergairah di Malang, Arema tahu kemenangan akan menyegel mereka untuk lolos ke sistem gugur.

Terbukti Arema mampu memenangkan laga dengan skor akhir 1-0, lewat gol yang dilesakkan Gustavo Lopez melalui titik penalti. Kemenangan yang membuat Selangor angkat kaki dari Piala AFC. Sementara Arema melaju ke babak 16 besar.

Atlet Sepak Bola Putri Ikuti Ujian Nasional



(FIR)


Media Malaysia: Wartawan Vietnam Agen Mata-Mata?
Final Piala AFF 2018

Media Malaysia: Wartawan Vietnam Agen Mata-Mata?

17 hours Ago

Media Malaysia menurunkan tulisan tentang tingkah laku wartawan Vietnam selama Final Piala AFF …

BERITA LAINNYA
Video /