Pada Hari Ini

1888: Debut Pertandingan dan Gol di Kasta Tertinggi Liga Inggris

Patrick Pinaria    •    08 September 2017 10:36 WIB
pada hari ini
1888: Debut Pertandingan dan Gol di Kasta Tertinggi Liga Inggris
Ilustrasi bola Liga Inggris (Foto: The Independent)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pada 8 September 1888 menjadi hari pertama kasta tertinggi di Liga Inggris alias Football League dimulai. Pada kesempatan itu pula, Bolton menjadi tim pertama yang sukses mencetak gol pada kompetisi tersebut.

Terdapat 12 klub berpartisipasi pada musim pertama kompetisi Football League itu. Di antaranya adalah Accrington, Aston Villa, Blackburn Rovers, Bolton Wanderers, Burnley, Derby County, Everton, Notts County, Preston North End, Stoke, West Bromwich Albion, dan Wolverhampton Wanderers.

Kedua belas klub tersebut merupakan bagian dari pelopor kompetisi Football League. Mereka sepakat membentuk kompetisi tersebut lantaran menginginkan perubahan sepak bola Inggris.

Awalnya, Inggris hanya memiliki sejumlah pertandingan amatir pada 1863. Kemudian, Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) mencoba untuk melakukan perubahan dengan membentuk kompetisi profesional.

Baca: Ballack: PSG Masih Bukan Tandingan Madrid

Namun, penerapan tersebut tidak berjalan lancar. Banyak tim yang kerap membatalkan pertandingan, bahkan tidak hadir dalam kompetisi.

Situasi ini membuat salah satu klub Aston Villa prihatin. Sekretaris Villa, William McGregor akhirnya mengirimkan surat kepada empat klub di Inggris untuk mengajak mereka membentuk liga pada 1888.

Dalam diskusi itu, mereka membicarakan untuk memasukkan sepuluh atau 12 klub yang bertanding di liga. Nantinya, seluruh klub akan bertanding dengan sistem kandang dan tandang setiap musim di liga. Hingga akhirnya, mereka sepakat membentuk Football League. 

FA pun memutuskan untuk menggelar hari pertama Football League pada 8 September. Saat itu, terdapat lima pertandingan yang dijadwalkan di antaranya adalah Bolton kontra Derby County, Everton kontra Accrington, Preston North End kontra Burnley, Stoke kontra West Brom, dan Wolverhampton kontra Aston Villa. 

BacaFenerbahce Gagal Boyong Diego Costa

Bolton berhasil menjadi tim pertama yang sukses mencetak gol pada laga perdana Football League lewat Kenny Davenport. Ia sukses membobol gawang Derby pada menit kedua.

Kemudian, Bolton menunjukkan keperkasaannya. Pada akhir pertandingan, mereka sukses menang dengan skor 6-3. 

Sementara itu, rekor buruk diciptakan Villa pada laga perdana. Mereka menjadi tim pertama yang menciptakan gol bunuh diri. Gol tersebut diciptakan Gershom Cox. Terasa semakin pahit gol bunuh diri itu membuat Villa harus bermain imbang dengan skor 1-1 saat menghadapi Wolverhampton. (TDIFH, Moneyweek)


Video: Empat Ponpes Menang Telak di Kick Off LSN Sub Regional Jateng II

 


(ASM)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

2 days Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /