Fans Argentina: Brasil Marah Karena Tak Bisa Lawan Argentina

Fitra Iskandar    •    14 Juli 2014 09:56 WIB
piala dunia 2014
Fans Argentina: Brasil Marah Karena Tak Bisa Lawan Argentina
Fans Argentina sempat bergurau dengan fans Jerman.(foto:AFP/Adrian Dennis)

Metrotvnews.com, Rio de Janeiro: Fans Argentina meringis melihat gol Mario Goetze menumbuk gawang Sergio Romero pada babak perpanjangan waktu. Di sejumlah tempat di Brasil, fans Argentina bertambah kecut melihat ulah para fans Brasil yang menari-nari di atas penderitaan mereka.

Suporter Brasil meluapkan kegembiraan mereka, setelah melihat Argentina dikandaskan Jerman 0-1 di final Piala Dunia 2014, di Stadion Maracana, dini hari tadi waktu Indonesia.

Bertahun-tahun Brasil dan Argentina memang merupakan musuh berat. Masing-masing membawa ego bahwa tim mereka yang paling terbaik di banding rival. Rivalitas tersebut termasuk soal anggapan siapa lebih hebat: legenda Brasil, Pele, atau legenda Argentina, Diego Maradona?

Kedua tokoh sepak bola ini juga sering memperkeruh keadaan karena satu-sama lain tidak akur, sehingga sering bertukar komentar negatif. (Baca: Suporter Brasil Senang Lihat Argentina Susah)

Di Piala Dunia 2014, rivalitas Argentina-Brasil kembali mendapatkan tempat.Berdasarkan hitung-hitungan peluang, kedua tim pun bisa bertemu di partai puncak, final, sehingga aura persaingan semakin seru.

Sejak pembukaan, suporter Argentina yang datang ke Brasil sering terang-terangan bernyanyi-nyanyi mengolok-olok Brasil.

Mereka juga berdendang-dendang dengan lirik lagu yang isinya menyebut pahlawan mereka, Diego Maradona, lebih baik dari Pele. Ulah fans Argentina semakin menjadi ketika, Brasil kalah 1-7 di semifinal oleh Jerman.
 
Suporter "Tim Tango" membuatnya menjadi nyanyian-nyanyian berisi olok-olok."Mereka makan tujuh gol." Suporter Argentina bernyanyi-nyanyi sambil membuat lambang angka tujuh dengan tangan.

Suporter Brasil tak mau kalah. Mereka membalasnya,"Brasil sudah juara lima kali."

Fans Brasil akhirnya lega. Argentina gagal juara. "Saya kira orang Brasil marah pada orang Argentina karena mereka tidak bisa melawan kami di final, di mana itu pertandingan yang ditunggu-tunggu dunia," kata salah seorang fans Argentina.

Tensi panas kedua suporter toh hanya sebatas saling lempar hinaan, mereka tidak sampai saling bertukar tinju dan tendangan.  

Diana Rochman suporter yang mengenakan jersey Argentina bertuliskan Lionel Messi, berusaha menghapus air mata setelah melihat timnya kalah. Dia berada di Sao Paulo dan ikut nonton bareng melalui layar besar.

"Itu permainan yang bagus, tetapi saya sangat sedih dan depresi. Jelas sekali mereka memang akan menang dan orang Brasil ingin kami kalah," ujar wanita 51 tahun itu.

Tetapi tidak semua orang Brasil berpesta melihat kekalahan Argentina. Amarilo Carvalho, seorang fans Brasil satu di antara segelintir yang ikut sedih.

"Saya cinta Argentina," ujar dia. Carvalho yang ikut nobar di Copacabana sempat diselimuti bendera Argentina oleh para fans Argentina. Mereka berfoto bareng sebelum pertandingan final itu dimulai.(afp)


(FIT)


Video /