Serba-serbi Piala Dunia 2018

Bir Laku Keras Selama Piala Dunia Rusia 2018

Gregah Nurikhsani Estuning    •    20 Juni 2018 19:05 WIB
piala dunia 2018
Bir Laku Keras Selama Piala Dunia Rusia 2018
Suporter timnas Inggris. (Foto: AFP PHOTO / Maxim ZMEYEV)

Moskow: Sepak bola, bir, dan musim panas tampaknya menjadi tiga hal yang tak terpisahkan. Sejumlah pemilik restoran dan bar di Moskow mengaku kehabisan stok bir karena diborong suporter selama gelaran Piala Dunia 2018.

Sebagai Ibu Kota Rusia, Moskow menjadi wilayah terpadat yang seketika dikunjungi ratusan ribu orang yang hendak menyaksikan negaranya bertanding di Piala Dunia. Berbagai tempat terkenal dilaporkan penuh sesak oleh 'turis sepak bola', seperti Kremlin dan Red Square.

Hal tersebut tak pelak menjadi berkah tersendiri buat pengelola tempat makan di sana. Tak sedikit membuka resto dan bar selama 24 jam penuh guna memenuhi kebutuhan.

Klik: Sihir Kuliner di Piala Dunia

"Kami pikir mereka tidak cuma menginginkan bir saja. Mendadak tempat ini jadi banyak orang, dan mereka semua ternyata peminum. Buat kami Moskow tempat yang dingin dan kaku, tapi seketika menjadi ramai dan panas," kata seorang pelayan restoran yang tak ingin dipublikasikan identitasnya.

Baltika Breweries, sebuah perusahaan minuman keras yang juga menjadi distributor salah satu merek ternama dunia di Rusia mengatakan permintaan bir selama Piala Dunia 2018 memang melonjak. Akan tetapi, mereka memastikan stok masih aman.

Senada, Anheuser-Busch InBev, perusahaan bir terbesar yang juga sponsor resmi FIFA World Cup juga merasakan adanya request dari pengelola restoran dan bar terkait stok. Namun, pihaknya merasa kebutuhan belum berada di garis merah.

Pengakuan dari pelayan bar di area Gogol bernama Dmitry mengatakan, sekelompok suporter rata-rata menghabiskan 800 liter bir per hari. Umumnya, mereka memesan yang murahan lebih dulu sebelum menjajal bir mahal.

"Matahari membuat mereka kehausan. Buat kami minum bir adalah tradisi dan kebiasaan, tapi kami tak menyangka mereka (suporter) begitu trengginas mengonsumsi bir kami," ujar Dimitry.

Sementara Ivan, suporter Kroasia di Moskow mengaku nyaris di setiap sudut kota selalu penuh oleh orang yang meminum bir. Tapi, ia juga melihat ada restoran dan bar yang masih menghormati suporter dari timur tengah dengan tidak menyediakan minuman beralkohol.

"Di mana-mana bir! Banyak tempat menjualnya, tidak sulit menemukan, tapi ada juga yang tidak. Ah, buat mereka yang tidak minum masih tetap bisa bersenang-senang, semoga beruntung menemukannya (restoran halal)," timpalnya.

Video: Keseruan Suporter Jelang Rusia vs Arab
 


(KAU)


Video /