Piala Dunia 2018

Salam Perpisahan Berkelas Timnas Jepang yang Jadi Viral

Rendy Renuki H    •    03 Juli 2018 16:13 WIB
piala dunia 2018
Salam Perpisahan Berkelas Timnas Jepang yang Jadi Viral
Suasana ruang ganti Timnas Jepang usai dikalahkan Belgia di babak 16-besar Piala Dunia 2018 (Twitter/Priscilla Boca)

Jakarta: Timnas Jepang harus menyudahi petualangan mereka di Piala Dunia 2018 Rusia, Selasa 3 Juli dini hari tadi. Jepang menyerah di tangan Belgia pada babak 16-besar dengan skor 2-3.

Hasil yang teramat menyakitkan bagi tim Samurai Biru karena mereka sempat unggul 2-0 hingga laga menyisakan 21 menit. Kebangkitan Belgia membalikkan keadaan menjadi 3-2 membuat Jepang harus angkat koper dari Rusia.

Tersisih secara menyakitkan tak lantas membuat skuat Jepang gusar. Mereka bahkan mampu membuat dunia kagum usai melakukan salam perpisahan yang cukup berkelas.

Ya, skuat Timnas Jepang meninggalkan Stadion Rostov Arena dengan banjir pujian. Lantaran ruang ganti stadion milik klub FC Rostov itu disulap seolah belum pernah dipakai.


Seorang jurnalis asing yang tengah bertugas di Rusia bernama Priscilla Janssens mengabadikan momen tersebut. Cuitannya di Twitter menjadi viral, meski kini unggahannya telah dihapus olehnya.

Dalam foto yang beredar di dunia maya, Timnas Jepang meninggalkan ruang ganti dalam keadaan rapi, jauh dari kesan kotor. Tak ada sampah, lantai basah, atau kostum pemain berserakan setelah ruang ganti tersebut dipakai oleh Takashi Inui cs.

Yang mereka tinggalkan hanya secarik kertas di atas kabinet bertuliskan terima kasih yang ditulis dalam bahasa Rusia. Selain itu, mereka meninggalkan Orimgami (seni lipat kertas khas Jepang) berbentuk bangau yang dikenal Orizuru, melambangkan pesan perdamaian.



Salam perpisahan tersebut sontak langsung mendapat sambutan hangat para warganet. Kebanyakan dari mereka sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan Timnas Jepang.

Sikap "bersih pangkal sehat" itu pun rupanya tak hanya milik Timnas Jepang. Para suporter negeri matahari terbit itu juga kerap menunjukkan mental positif mereka di tribun stadion.

Setelah mendukung tim Samurai Biru, para suporter Jepang kerap membersihkan sampah mereka sendiri. Aksi yang juga kerap mengundang rasa hormat dari masyarakat dunia.

Pantas lah Jepang menyandang predikat salah satu negara terbersih di dunia. Menurut salah satu situs voting, The Top Tens, Jepang menempati posisi empat negara terbersih di dunia.

 


(REN)


Saling Sengat, Thailand Ungguli Indonesia di Babak Pertama
Babak I: Thailand vs Indonesia

Saling Sengat, Thailand Ungguli Indonesia di Babak Pertama

1 hour Ago

Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand pada laga ketiga penyisihan Grup B Piala AFF 2018,…

BERITA LAINNYA
Video /