PSSI Imbau Klub Lepas Pemain jika Ada Panggilan Timnas

Krisna Octavianus    •    26 April 2018 11:04 WIB
pssitimnas indonesia
PSSI Imbau Klub Lepas Pemain jika Ada Panggilan Timnas
Plt Ketua Umum PSSI Joko Driyono (kiri) dan Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria saat jumpa pers Anniversary Cup 2018 (medcom.id/Krisna Octavianus)

Jakarta: Kisah klasik soal pemanggilan pemain untuk bergabung dengan timnas Indonesia di tengah bergulirnya liga kembali riuh. Mengenai hal itu, PSSI mengimbau agar klub rela melepas pemain demi kepentingan negara.

Pada 27 April sampai 3 Mei, timnas Indonesia akan bermain di ajang Anniversary Cup 2018 yang bukan agenda resmi FIFA. Menyoal hal itu, Persija dan Persib sempat tarik ulur soal pemain.

Bukan apa-apa. Pasalnya, kedua tim sedianya akan bertemu pada 28 April -meski belakangan resmi batal-. Baik Persija dan Persib butuh pemain terbaik untuk laga sarat gengsi ini. Akan tetapi, PSSI melalui Plt Ketua Umum, Joko Driyono, soal pemanggilan pemain sudah disepakati.

"Ada dua forum saat RUPS dan manager meeting, bahkan kongres telah memutuskan pula bahwa saat Asian Games pemanggilan pemain, klub harus melepas tanpa ada revisi penjadwalan," ujar Joko Driyono kepada wartawan.

Baca: Indra Sjafri Sisihkan Tiga Pelatih Asing


"Semua, bahkan sebenarnya untuk U-23 tidak ada kaitannya dengan FIFA matchday karena FIFA matchday fokusnya timnas senior. Pada saat FIFA matchday, seluruh pertandingan liga dikosongkan karena kepentingannya bukan tim nasional kita saja, tetapi beberapa pemain yang ada di Liga 1 memperkuat timnas mereka dan itu wajib dilepas. Oleh karenaya, PSSI telah meminta kepada liga untuk FIFA matchday, liga dikosongkan," sambungnya.

Namun, PSSI memberikan pengecualian kepada klub yang membawa nama Indonesia di pentas Asia, seperti Persija. Pemain Macan Kemayoran, Andritany Ardhiyasa dan Rezaldi Hehanusa terlambat bergabung pada TC timnas untuk Anniversary Cup karena membela Macan Kemayoran melawan Tampines Rovers di Piala AFC.

Baca: Tarik Ulur Indra Sjafri


"Tentu, untuk event yang internasional yang ada kaitannnya dengan AFC, coach Luis Milla menganggap ini tidak sekadar membawa nama klub, tapi juga atas nama PSSI dan Indonesia. Sehingga kemarin diberikan toleransi kepada pemain-pemain yang klubnya berlaga di ajang AFC. Tapi untuk pemain yang main di liga domestik, seluruh pemain yang dipanggil harus memenuhinya," tegas Jokdri.

Timnas Indonesia U-23 akan berlaga di Anniversary Cup 2018 melawan Bahrain pada laga pembuka 27 April. Lalu, dilanjutkan melawan Korea Utara dan Uzbekistan.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Jelang Anniversary Cup 2018, Timnas U-23 Jalani Pemusatan Latihan


(ASM)


Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid
Lionel Messi

Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid

1 week Ago

Kapten timnas Argentina itu tak memedulikan berapa pun hasil yang diraih Madrid dalam menghadap…

BERITA LAINNYA
Video /