Seleksi Timnas U-19

Indra Sjafri Batasi Uji Coba untuk Timnas U-19

A. Firdaus    •    08 April 2017 00:15 WIB
timnas u-19
Indra Sjafri Batasi Uji Coba untuk Timnas U-19
Pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri (Foto: ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tim Nasional Indonesia U-19 arahan Indra Sjafri sedang menjalani tahap seleksi di lapangan Atang Sutresna, Cijantung. Saat ini seleksi tahap ketiga sedang berlangsung. Dimulai pada Kamis 6 April mendatang dan akan berakhir pada 10 April. 

Sehari kemudian, tepatnya pada 11 April, rencananya Indra akan mengumumkan nama-nama pemain yang terpilih. Nantinya, Timnas U-19 akan berisi 32 pemain terbaik pilihannya.

Setelah terbentuk, Indra akan melakukan beberapa uji coba. Ia telah memutuskan untuk membatasi uji coba dengan hanya empat kali melakukan uji coba dalam sebulan.

"Saya sudah bilang ke federasi hanya melakukan uji coba empat kali dalam sebulan. Uji coba pertama akan berlangsung pada akhir April, kira-kira 26 April," ujar Indra.
 

Baca: Ini Dua Formasi yang akan Diterapkan Indra Sjafri di Timnas U-19


Mengenai lawan uji coba, lebih spesifik Indra akan membaginya dalam tiga level. Pertama dengan kualitas yang lebih rendah di bawah timnya, kemudian yang setara, dan baru memilih lawan yang di atas kualitas timnya.

"Untuk lawan pada laga persahabatan yang berada di bawah level,  kami menyasar pada klub-klub lokal atau bisa saya melakukan game internal," sambungnya. 

Untuk level yang di atas kualitas timnya, Indra akan mengikuti Toulon Tournament 2017 yang digelar di Toulon, Prancis, pada 29 Mei-10 Juni. "Di turnamen Toulon nanti, kami baru akan melawan tim yang kualitasnya di atas kami," terang Indra.
 

Baca juga: Indra Sjafri Pantang Pilih Kasih dengan Pemain dari Luar Negeri


Sejatinya, turnamen di Toulon diperuntukkan tim U-21. Di sana ada 11 kesebelasan yang ikut. Selain Indonesia, Jepang adalah salah satu perwakilan dari Asia. Negara lainnya yang ikut adalah Wales, Skotlandia, Republik Ceko, Pantai Gading, Bahrain, Kuba, Angola dan Prancis sebagai tuan rumah.

"Uji coba di Toulon itu kami anggap yang lebih tinggi, karena umur kontestan atau negara peserta mayoritas lebih dewasa. Tapi kami tak takut. Barcelona B saja kami lawan," imbuhnya.

Rangkaian jadwal di atas diharapkan bisa memberikan buah manis oleh Indra. Sebab mereka yang terpilih akan bertanding di Piala AFF U-18 yang akan berlangsung pada 4 hingga 7 September di Myanmar.

Video: ?14 Pemain Indonesia dari Luar Negeri Kembali Ikuti Seleksi Timnas U-19
 


(ACF)

Video /