Semifinal Piala AFF 2016: Indonesia vs Vietnam

Kilas Balik Laga Indonesia vs Vietnam pada Piala AFF 2000

Alfa Mandalika    •    30 November 2016 16:32 WIB
piala aff
Kilas Balik Laga Indonesia vs Vietnam pada Piala AFF 2000
Gendut Doni Christiawan ketika menghadapi Vietnam pada semifinal AFF 2000. (Foto: AFP/Pornchai Kittiwongsakul)

Metrotvnews.com, Jakarta: Timnas Indonesia tercatat sudah tujuh kali bersua Vietnam di ajang Piala AFF. Pertemuan pertama kali terjadi pada 20 tahun silam atau tepatnya pada Piala AFF edisi pertama tahun 1996.

Sementara itu, pertemuan terakhir kedua negara terjadi di Piala AFF 2014 di Hanoi, Vietnam. Pada laga tersebut, kedua negara hanya bermain imbang 2 - 2. Hasil itu membuat tim Garuda gagal lolos karena menelan kekalahan dari Filipina pada laga kedua. Meski menang pada laga pamungkas kontra Laos, poin Indonesia tetap tidak cukup untuk tampil pada babak semifinal.

Dari tujuh pertemuan, Indonesia sudah menang dua kali. Momen itu terjadi pada Piala AFF 2000 babak semifinal dan Piala AFF 2004 fase grup.

Menariknya, posisi Indonesia serupa dengan AFF tahun ini. Mereka lolos ke semifinal usai keluar sebagai runner up Grup A menemani Thailand. Indonesia berjumpa Vietnam pada AFF 2000.

Baca: Mengintip Rekor Pertemuan Indonesia vs Vietnam di Piala AFF


Masih diperkuat oleh Aji Santoso, Gendut Doni Christiawan, Uston Nawawi, dan Kurniawan Dwi Yulianto, Indonesia tampil lepas menghadapi Vietnam di Stadion Rajamangala Bangkok, 16 November 2000.

Memulai babak pertama, Indonesia langsung mencuri gol pada menit 39. Sundulan Gendut Doni sukses mengoyak gawang Vietnam.

Namun, jelang jeda, Indonesia kecolongan. Serangan balik cepat Vietnam gagal dihalau dengan maksimal oleh lini belakang. Alhasil, Nguyen Hong Son mampu menyamakan kedudukan lewat sepakan di dalam kotak penalti.

Baca: Jumat, Pengganti Basna - Fachrudin Diumumkan


Indonesia kembali unggul setelah Matheus Nurdiantara menyambar bola hasil sepakan Gendut Doni. Berawal dari pergerakan Gendut Doni yang mampu meloloskan diri dari kawalan bek Vietnam, ia lalu melepaskan sepakan keras. Namun, bola hanya membentur mistar gawang dan bola langsung disambar Matheus lewat kaki kirinya. Indonesia berbalik memimpin 2-1.

Akan tetapi, keunggulan Indonesia tidak bisa dipertahankan lantaran Vu Cong Tuyen menyamakan kedudukan pada menit 90. Papan skor berubah menjadi 2-2.

Sampai pertandingan usai, skor 2-2 tetap bertahan. Pertandingan akhirnya dilanjutkan pada babak perpanjangan waktu. Dan Gendut Doni tampil sebagai aktor penting kemenangan. Memanfaatkan umpan Kurniawan, Gendut Doni langsung melepaskan sepakan keras dan mengubah skor menjadi 3-2.

Kemenangan itu membuat Indonesia lolos ke final berhadapan dengan Thailand. Sayang, pada partai puncak, Indonesia keok dari Thailand dengan skor 4-1.

Video: Timnas Indonesia Bersiap Hadapi Vietnam
 


(ASM)

Video /