Proses Naturalisasi Ezra Walian

Menpora Berharap Keputusan Mengindonesiakan Ezra Berdampak Positif bagi Timnas

Rendy Renuki H    •    19 Maret 2017 00:58 WIB
liga indonesiakemenpora
Menpora Berharap Keputusan Mengindonesiakan Ezra Berdampak Positif bagi Timnas
Menpora Imam Nahrawi (Istimewa/Dok. Humas Menpora)

Metrotvnews.com, Nganjuk: Pesepak bola Belanda keturunan Indonesia Ezra Walian tengah menjalani proses naturalisasi usia Komisi X DPR RI menyetujui pengajuan kewarganegaraannya. Menpora Imam Nahrawi pun berharap keputusan mengindonesiakan Ezra bisa berdampak positif bagi Timnas Garuda.

Proses naturalisasi pemain asing sendiri memang masih menjadi pro-kontra bagi sejumlah kalangan. Namun, Menpora mengatakan jika naturalisasi merupakan bentuk respons cepat atas kebutuhan mendesak Timnas, bahkan bukan hanya di sepak bola.

Politikus PKB itu memang sempat menaturalisasi atlet dari cabang olahraga basket dan gulat. Mereka adalah Jamarr Andre Johnson, Anthony Hangrove Jr, dan Ebrahim Enguio Lopez. Sedangkan dari cabor gulat, nama Rahma Sofia bahkan langsung menuai sukses meski baru di tingkat nasional.

(Baca: Ini Upaya Menpora Dalam Proses Naturalisasi Ezra Walian)

"Selama saya jadi Menteri sudah menaturalisasi dua cabor, basket dan gulat. Gulat sudah bisa meraih emas di PON XIX Jawa Barat dan sebentar lagi akan didorong menjadi atlet Asian Games. Basket juga Alhamdulillah sudah disiapkan untuk SEA Games 2017," ujarnya saat melakukan kunjunga kerja Kepemudaan melantik Ikatan Alumni Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (IKA UINSA), Nganjuk, Jawa Timur, Sabtu (18/3/2017).

"Saya harap Erza juga demikian, meskipun naturalisasi itu bukan opsi, naturalisasi itu karena kebutuhan mendesak. Kedepannya, kita akan percayakan kepada anak-anak Indonesia untuk bisa menjadi atlet berprestasi," sambung Cak Imam.

Timnas Indonesia memang terbilang memiliki waktu yang mepet untuk menyiapkan skuat demi mengikuti SEA Games 2017 dan Asian Games 2018. SEA Games yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, akan digelar 19-31 Agustus mendatang, sementara Asian Games di Jakarta akan dimulai 18 Agustus-2 September 2018.

Video:  Timnas U-22 akan Jamu Myanmar dengan Formasi 4-3-3
 


(REN)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

1 day Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /