Semifinal Piala AFF 2016

Profil Semifinalis AFF 2016: Timnas Indonesia

Alfa Mandalika    •    29 November 2016 07:37 WIB
piala aff
Profil Semifinalis AFF 2016: Timnas Indonesia
Skuat Timnas Indonesia. (Foto: Ant/ Maulana Surya)

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia sukses melaju ke babak semifinal Piala AFF 2016. Tim Garuda lolos usai mengalahkan Singapura pada laga pamungkas Grup A.

Indonesia lolos sebagai runner up menemani Thailand yang menjadi juara grup. Pada laga terakhir, Thailand mampu membungkam tuan rumah Filipina. 

Keberhasilan ini patut disyukuri. Sebab, Piala AFF 2016 menjadi turnamen bergengsi perdana Indonesia setelah lepas dari sanksi FIFA.

Sepanjang keikutsertaannya di Piala AFF, Indonesia memang belum sekalipun tampil sebagai juara. Meski begitu, Indonesia selalu jadi tim yang diperhitungkan. Terbukti, Indonesia empat kali menyabet titel runner-up.


Baca: Mengukur Peluang Juara Timnas Indonesia


Perjalanan menuju juara tidak mudah bagi Indonesia. Jelang menghadapi Vietnam pada semifinal leg pertama 3 Desember, dua bek Rudolof Yanto Basna dan Fachruddin Aryanto harus absen karena akumulasi kartu. Dengan demikian, Riedl hanya memiliki Gunawan Dwi Cahyo, Hansamu Yama Pranata atau Manahati Lestusen yang bisa diandalkan untuk mengisi jantung pertahanan.

Pelatih
Bagi Alfred Riedl, ini adalah kali ketiga dirinya dipercaya menukangi Timnas Indonesia pada gelaran Piala AFF. Pada dua periode sebelumnya, pria 67 tahun ini memberikan hasil yang bertolak belakang.

Pada periode pertamanya, Riedl sukses mengantar Skuat Garuda melaju hingga final Piala AFF 2010. Sayangnya, mimpi merebut trofi perdana harus pupus usai Indonesia ditaklukkan Malaysia.

Para periode keduanya di Piala AFF 2014, Riedl gagal memberikan sentuhan emasnya. Timnas Indonesia harus langsung tersingkir di fase grup lantaran kalah bersaing dengan tuan rumah Vietnam dan Filipina.

Selain Indonesia, Riedl sempat menukangi tim dari kawasan Asia Tenggara seperti Vietnam dan Laos.

Pemain Bintang
Usianya memang tidak muda lagi. Namun, sosok Boaz Solossa di Timnas Indonesia tidak bisa dikesampingkan. Di usianya yang sudah menginjak 30 tahun, Boci masih memiliki stamina yang mumpuni, bahkan ketajamannya juga masih terjaga.

Dalam empat laga uji coba yang dilakoni sejak Timnas Indonesia dibentuk pada Agustus lalu, Boaz sukses mencetak tiga gol dan satu assist. Secara keseluruan Boaz sudah mengemas 11 gol dari 38 caps bersama Timnas senior Indonesia sejak 2004.

Maka, tak salah jika Rield menunjukkan sebagai kapten tim. Dengan kualitas serta pengalaman yang dimilikinya, penyerang Persipura ini diharapkan bisa membantu pemain lain untuk bisa tampil lebih baik di Piala AFF 2016.

Sejauh ini, striker Persipura Jayapura itu sudah menorehkan dua gol. Ia pun berpeluang menjadi top skorer karena hanya terpaut satu gol dari top skorer sementara Teerasil Dangda.

Baca: Indonesia vs Vietnam, Pengamat: 50 - 50


Skuat Timnas Indonesia:

Kiper
Andritany Ardhiyasa, Kurnia Meiga Hermansyah, Teja Paku Alam

Belakang
Beny Wahyudi, Manahati Lestusen, Abduh Lestaluhu, Fachruddin Wahyudi Aryanto, Rudolof Yanto Basna, Hansamu Yama Pranata, Abdul Rachman, Gunawan Dwi Cahyo

Tengah
Evan Dimas Darmono, Bayu Pradana Andriatmoko, Bayu Gatra Sanggiawan, Dedi Kusnandar, Rizky Pora, Zulham Malik Zamrun, Andik Vermansah, Stefano Lilipaly

Depan
Boaz Theofillius Erwin Solossa, Lerby Eliandry Pong Babu, Ferdinand Alfred Sinaga, Muchlis Hadi Ning


Ilustrasi by Metrotvnews.com

Video: Laga Indonesia vs Vietnam Digelar di Stadion Pakansari



(ASM)

Penilaian AFF tentang Stadion Pakansari
Jelang Final Piala AFF 2016

Penilaian AFF tentang Stadion Pakansari

53 minutes Ago

Stadion Pakansari yang berada di Cibinong, Kabupaten Bogor telah sukses menggelar laga semifina…

BERITA LAINNYA
Video /