Wasit Internasional Jepang Siap Berkontribusi untuk Indonesia

Gregah Nurikhsani Estuning    •    15 Februari 2018 18:06 WIB
bola
Wasit Internasional Jepang Siap Berkontribusi untuk Indonesia
Sekjen PSSI, Ratu Tisha (kiri) menyambut Nagi Toshiyuki (kanan) di kantor PSSI. (Foto: JFA)

Jakarta: Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA) menugaskan sejumlah pelatih/instrukturnya ke beberapa negara Asia. Nagi Toshiyuki, mantan wasit internasional Jepang, dikirim ke Indonesia sebagai Direktur Wasit.

Kerja sama ini merupakan realisasi komitmen antara Jepang dan Indonesia yang telah disepakati pada Desember silam. Salah satu pilar fundamental yang dijajaki dalam hubungan diplomatis ini adalah sepak bola, dengan wasit sebagai corong utama.

Toshiyuki resmi ditunjuk sebagai Direktur Wasit Indonesia dan sudah akan bekerja bulan ini. Banyak hal yang harus dibenahi, namun mantan wasit yang berpengalaman di dunia internasional itu siap membantu Indonesia.

"Sepak bola adalah olahraga terpopuler di negara berpenduduk lebih dari 230 juta jiwa ini. Untungnya, mereka (PSSI) telah memiliki struktur sepak bola profesional yang kuat," ujar Toshiyuki dilansir laman resmi JFA.

Klik: Anies Menjanjikan Perayaan Khusus jika Persija Juara

"Tugas saya adalah memenuhi ekspektasi pencinta sepak bola Indonesia. Berat memang harus meng-cover sekitar 5000 km luar negara ini, 13ribu pulau, banyak yang harus dilakukan, tapi dengan bantuan PSSI dan rekan-rekan saya, saya bakal memberikan kontribusi nyata untuk perkembangan sepak bola Indonesia," sambungnya.

Toshiyuki pernah menjadi wasit di Piala Dunia 2014 antara tuan rumah Brasil kontra Kroasia yang berakhir dengan skor 3-1. Lebih dikenal sebagai asisten wasit, Toshiyuki mendapatkan lisensi FIFA tahun 2003 silam.
 

 

A post shared by Medcom_olahraga (@medcom_olahraga) on Feb 14, 2018 at 3:48am PST


Pria kelahiran 29 November itu sebetulnya sudah memutuskan untuk pensiun pada 2018 nanti. Namun, JFA memutuskan untuk mengirimnya ke Indonesia selama setahun untuk membenahi perwasitan Tanah Air.

"Akan sangat istimewa kalau pecinta sepak bola Jepang di Indonesia memberikan atensi lebih ke sepak bola negara mereka sendiri," tambahnya penuh harap.

Video: Perkiraan Formasi Real Madrid vs PSG
 


(ACF)


Video /