Kericuhan Suporter

Sudah Enam Pelaku Pengeroyokan Derby Yogyakarta Ditangkap

Ahmad Mustaqim    •    01 Agustus 2018 21:42 WIB
bolaliga indonesia
Sudah Enam Pelaku Pengeroyokan <i>Derby</i> Yogyakarta Ditangkap
Kericuhan suporter usai derby Yogya antara suporter PSIM dan PSS-Antara/Andreas Fitri Atmoko

Yogyakarta: Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (Polda DIY) menangkap empat orang lagi yang diduga melakukan pengeroyokan terhadap seorang penonton hingga meninggal di laga PSIM Yogyakarta melawan PSS Sleman di ajang Liga 2 Indonesia 2018. Total, tersangka pengeroyokan yang ditangkap menjadi enam orang. 

Kepala Bidang Humas Polda DIY, AKBP Yuliyanto, mengatakan empat terduga pelaku ditangkap pada Rabu 1 Agustus 2018 dini hari. Empat terduga pelaku adalah MTS (21 tahun) warga Bantul; RA (22) warga Bantul; FDK (22) warga Kota Yogyakarta; dan HAT (22) juga warga Kota Yogyakarta. 

Sebelumnya, polisi sudah menangkap dua terduga pelaku berinisial LGF (21) dan WTP (19). "Mereka sudah ditetapkan sebagai tersangka. Total sudah enam (yang ditangkap)," kata Yuliyanto di Polda DIY, Rabu 1 Agustus 2018. 

Baca juga: Everton Resmi Rekrut Bek Sayap Barcelona

Ia mengatakan kepolisian memastikan mereka yang sudah tertangkap menjadi pelaku utama penyebab meninggalnya penonton di laga PSIM melawan PSS. Korban bernama Muhammad Iqbal Setyawan, seorang pelajar SMK. Menurut polisi, kemungkinan tersangka bisa saja bertambah karena peristiwa itu terjadi bersama-sama. 

"Kita lihat perkembangan penyidikan. Kita ambil (tangkap) sebanyak-banyaknya," ujarnya. 

Mantan Kapolres Sleman ini belum bisa memastikan penggabungan berkas para tersangka. Hal itu masih melihat proses pemeriksaan. 

Baca juga: Insiden Penonton Meninggal, PSIM Dilarang Gunakan Stadion Sultan Agung

Hingga kini, ia juga belum bisa memastikan dari kelompok mana suporter yang telah jadi tersangka. Semuanya kini telah ditahan kepolisian. "Mereka dijerat dengan pasal 170 (KUHP) tentang penganiayaan," ungkapnya. 

Muhammad Iqbal Setyawan, 19, warga Bantul, tewas usai laga PSIM melawan PSS di Stadion Sultan Agung Bantul pada 26 Juli 2018. Iqbal meninggal di Rumah Sakit Permata Husada Pleret, Bantul, beberapa jam usai pengeroyokan di luar stadion.

Video: Ezra Walian Tak Bisa Perkuat Timnas di Asian Games
 


(RIZ)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

5 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /