Insiden Suporter Meninggal Dunia

Menpora Respons Sanksi Komdis PSSI Terkait Kasus Haringga

Rendy Renuki H    •    02 Oktober 2018 21:59 WIB
liga 1 indonesia
Menpora Respons Sanksi Komdis PSSI Terkait Kasus Haringga
Menpora Imam Nahrawi (Foto Antara/WAHYU PUTRO A)

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi merespons sanksi yang dikeluarkan Komisi Disiplin (Komdis) PSSI terkait kasus tewasnya Haringga Sirila di laga Persib kontra Persija, Minggu 23 September lalu.

Komdis PSSI telah merilis sanksi yang dijatuhkan kepada Persib selaku tuan rumah laga panas Liga 1 pekan ke-23 tersebut. Pasalnya, Haringga yang diketahui suporter Persija meregang nyawa dikeroyok pendukung Persib di ring 1 Stadion GBLA. 

Akibat kejadian itu, Persib terpaksa menerima berbagai hukuman dari Komdis PSSI. Maung Bandung harus menjalani laga usiran di luar Pulau Jawa (Kalimantan) tanpa penonton sampai akhir musim kompetisi 2018 dan tanpa penonton di Bandung sampai setengah musim kompetisi 2019. 

Tak hanya itu, Komdis pun menjatuhkan sanksi kepada suporter Persib berupa larangan menyaksikan pertandingan pada laga kandang maupun tandang. Bahkan sanksi itu berlaku hingga setengah musim kompetisi 2019 mendatang. 

Klik di sini: Hasil Sidang Komisi Disiplin PSSI: Persib dan Persija Banjir Sanksi

"Saya belum baca. Pokoknya hukum harus berlaku pada siapa pun. Jadi tidak hanya Persib, tapi klub-klub lain yang melakukan seperti itu ya harus dihukum setimpal juga. Intinya jangan pilih kasih," kata Imam di Kantor Kemenpora, Senayan, Selasa (2/10/2018). 

Ia pun mengatakan tak mempermasalahkan Liga 1 akan kembali bergulir pada 5 Oktober nanti. Asalkan ia meminta PSSI sudah melakukan tindakan sesuai dengan apa yang sempat dibicarakan yakni mengatur regulasi tetap, agar kejadian serupa tidak terulang.

"Asal sudah dilakukan tindakan-tindakan kenapa tidak? (Liga 1 kembali bergulir). Tapi saya harap itu harus sudah menjadi regulasi tetap sehingga berlaku bagi semua klub ketika liga ini diputar kembali," ungkap Menteri asal Bangkalan tersebut.

"Tidak hanya itu, kesepakatan kemarin sore juga nyanyian rasis, koreografi, tulisan-tulisan harus diambil tindakan tegas. Kita akan lihat nanti seperti apa regulasi tetap untuk melihat setiap ada perilaku yang tidak sesuai dengan tata krama, norma, maupun aturan-aturan main yang ada," tutupnya.



Video:Suporter Bola di Indramayu Gelar Deklarasi Damai




Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

4 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /