Suporter Meninggal Dunia

Ridwan Kamil: Sanksi untuk Persib Terlalu Berlebihan

Roni Kurniawan    •    03 Oktober 2018 12:48 WIB
liga 1 indonesiaAnarkisme Suporter
Ridwan Kamil: Sanksi untuk Persib Terlalu Berlebihan
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat ditemui di Gedung Sate (Foto: Roni Kurniawan/Medcom.id)

Bandung: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, (Emil) angkat bicara terkait hukuman yang diberikan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) terhadap Persib Bandung. Emil menilai segudang sanksi yang dijatuhkan ke Persib terlalu berlebihan.

Persib mendapatkan sanksi tak boleh menggelar laga kandang di Bandung dan harus bermain di luar pulau Jawa, yaitu Kalimantan pada sisa kompetisi Liga 1 Indonesia 2018. Selain itu pada separuh musim depan, Persib tak boleh didampingi pendukung mereka ketika menjalani laga kandang.

Segudang sanksi itu tak lepas dari ulah oknum Bobotoh yang melakukan pengeroyokan terhadap suporter Persija Jakarta, Haringga Sirila. Insiden itu terjadi di area parkir Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), 23 September 2018 saat Persib Bandung menjamu Persija dalam lanjutan Liga 1 Indoensia 2018.

Emil mengaku sependapat dengan PSSI yang menjatuhkan sanksi terhadap Persib pascainsiden di GBLA. Namun mantan Wali Kota Bandung tersebut melihat sanksi yang telah dikeluarkan komisi disiplin PSSI pada Selasa 2 Oktober kemarin, dinilai sangat memberatkan Persib.

"Tentulah ada sanksi terhadap sebuah peristiwa. Tapi menurut saya sanksi yang didapati terlalu berlebihan karena pada dasarnya suporternya yang bermasalah," ujar Emil saat ditemui di Gedung Sate, Rabu 3 Oktober 2018.

Namun Emil mengaku sebagai kepala daerah tidak bisa turut campur dalam urusan tersebut. Akan tetapi Emil berharap PSSI kembali melakukan kajian atas sanksi yang diberikan kepada Persib.

"Mudah-mudahan bisa seadil-adilnya. Adil itu menempatkan segala sesuatu pada takaran dan tempat," sambungnya.

Emil pun mendukung penuh upaya manajemen Persib yang tengah berupaya mengajukan banding atas hukuman tersebut. Emil berharap semoga Persib mendapat keringanan sanksi.

"Itu yang akan dibandingkan, saya kira kita minta keadilan yang wajar saja," tandasnya.

Keluarga Almarhum Haringga Minta Tak Ada Aksi Balas Dendam



(FIR)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

4 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /