Polemik KITAS Carlton Cole dan Michael Essien

Belum Ada KITAS, Pihak Imigrasi Bandung Panggil Essien dan Cole

Roni Kurniawan    •    17 April 2017 17:32 WIB
liga 1 indonesia 2017
Belum Ada KITAS, Pihak Imigrasi Bandung Panggil Essien dan Cole
Carlton Cole akan dipanggil pihak Imigrasi kelas I Bandung (Foto: ANTARA FOTO/AGUS BEBENG)

Metrotvnews.com, Bandung: Kantor Imigrasi kelas 1 Bandung akan memanggil dua pemain mega bintang milik Persib Bandung yakni Michael Essien dan Carlton Cole. Hal itu terkait belum terbitnya Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS) bagi Essien dan Cole untuk mengais rejeki di Indonesia.

"Kami akan memanggil kedua pemain itu secara resmi untuk kita dalami. Kita dalami pemeriksaannya sampai sejauh mana adanya pelangggaran administrasi ini terjadi," kata Kasi Wasdakim Kantor Imigrasi Kelas I Bandung Agustianur di Kantor Imigrasi Bandung, Jalan Surapati, Senin 17 April 2017.

BACA: Persib dan Arema Berbagi Poin di Laga Perdana

Agus mengatakan, sejauh ini Essien san Cole hanya memiliki izin tinggal kunjungan di Indonesia sambil menunggu terbitnya KITAS. Akan tetapi, Agus mengaku tidak mengetahui apakah terdapat kebijakan lain sehingga dua pemain tersebut dapat merumput di Indonesia.

"Tapi penjelasan klarifikasi lagi ke pihak Persib penjelasannya itu. Dari mana tadi apakah PSSI, PT Liga, BOPI, atau Kemenpora barangkali. Nah, itu saya juga enggak tau regulasinya apa. Mungkin bisa meminta informasi dari beliau-beliau itu," tuturnya.

Agus mengatakan, Essien dan Cole belum memenuhi persyaratan untuk diterbitkannya KITAS yakni surat rekomendasi dari Kementerian Ketenagakerjaan. Meski begitu, kata dia, managemen Persib sudah bertindak kooperatif dan akan segera mengurusi kelengkapan dokumen yang diminta.

"Pihak Persib malah sekarang telah mengupayakan perizinannya itu untuk dipenuhi. Sudah datang dia (manajer Persib Umuh Muchtar) saya panggil, sudah menjelaskan ke saya. Tapi menurut saya, persyaratan itu belum layak untuk menjadi persyaratan izin tinggal sementara," urainya.

Rencananya Essien dan Cole akan dipanggil Kantor Imigrasi Kelas 1 Bandung pada Selasa 18 April besok untuk dimintai keterangan. 

"Kita panggil besok, kita perdalam dulu setelah itu kita laporkan ke tingkat pimpinan kita. Mungkin itu, apa tindakannnya. Kita juga enggak bisa memutuskan tindakan apa yang akan kita ambil. Kita harus melaporkan kan ini," pungkasnya.

BACA: Djanur Kecewa Persib Ditahan Arema

Sebelumnya Essien dan Cole dimainkan saat Persib melawan Arema FC pada laga perdana Liga 1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu 15 April silam. Hal itu pun yang menjadi acuan BOPI untuk melaporkan kedua pemain tersebut karena belum memiliki KITAS.

 


(KRS)

Allegri Tak Pusingkan Rumor Dybala ke Barcelona
Bursa Transfer Pemain

Allegri Tak Pusingkan Rumor Dybala ke Barcelona

5 hours Ago

Rumor tak sedap mengenai masa depan Paulo Dybala menghampiri Juventus. Penyerang asal Argentina…

BERITA LAINNYA
Video /