Suporter Meninggal Dunia

PSSI Hukum Persib, Bobotoh Pertanyakan Kasus di GBK

Roni Kurniawan    •    02 Oktober 2018 15:01 WIB
liga 1 indonesiaAnarkisme Suporter
PSSI Hukum Persib, Bobotoh Pertanyakan Kasus di GBK
Maskot Persib Bandung memberikan semangat kepada penonton saat pertandingan (Foto: Antara/RAISAN AL FARISI)

Bandung: Suporter Persib Bandung, Bobotoh, menilai sanksi yang dijatuhkan PSSI tidak adil. Mereka juga menganggap kalau hukuman tersebut menyudutkan Maung Bandung yang sekarang merupakan pemuncak klasemen sementara Liga 1 Indonesia 2018.

Sebelumnya, PSSI melalui Komisi Disiplin (Komdis) menggelar rapat terkait kasus tewasnya seorang suporter Persija, Haringga Sirila, saat menghadapi Persib Bandung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Minggu 23 September. Dari hasil rapat Komdis yang diumumkan pada Selasa 2 Oktober 2018, ada beberapa pelanggaran kode disiplin.

Di antaranya, pertandingan home Persib akan digelar di luar pulau Jawa (Kalimantan) dan bergulir tanpa penonton hingga akhir musim 2018. Kemudian, Persib juga bakal tampil tanpa penonton di Bandung hingga setengah kompetisi musim 2019.

Menurut Ketua Bobotoh Maung Bandung Bersatu (Bomber), Asep Abdul, pihaknya akan berkoordinasi dengan berbagai organisasi pendukung Persib, termasuk Viking terkait sanksi dari PSSI.

"Intinya kami belum menyikapi secara bersama-sama, nanti akan ada komunikasi antar elemen bobotoh. Ini terlalu berat dan tidak adil. Ini bukan efek jera buat kami," kata Asep saat dihubungi via telepon oleh Medcom.id, Selasa 2 Oktober 2018. 

Asep pun mempertanyakan kekerasan yang dulu terjadi salah satunya kepada Bobotoh yakni Rangga di GBK pada 2012 silam. Pasalnya kekerasan tersebut terjadi pada saat Persija menjamu Persib di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

"Kalaupun seperti ini kenapa kejadian sebelum-sebelumnya tidak mendapatkan sanksi seperti ini," sambungnya.

Ia menuturkan, kejadian serupa juga pernah menimpa klub selain Persib. Sanksi, lanjutnya, lebih tepat diterapkan untuk mengantisipasi kembali terjadinya kekerasan antar suporter pada laga-laga berikutnya.

"Harusnya saat ini diberlakukan sanksi untuk ke depan agar tidak ada lagi kejadian di sepak bola Indonesia," tegasnya.

Persija-Persib Dukung Penghentian Sementara Liga 1




(FIR)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

4 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /