Piala AFF U-15

Lepas Timnas U-16 ke Piala AFF, Ketum PSSI Ibaratkan Perang

Kautsar Halim    •    06 Juli 2017 21:48 WIB
timnas indonesiapiala aff u-15
Lepas Timnas U-16 ke Piala AFF, Ketum PSSI Ibaratkan Perang
Skuat Timnas Indonesia U-16 berpose dengan Ketum beserta pengurus PSSI jelang keberangkatan ke Thailand untuk mengikuti Piala AFF U-15 (Foto: MTVN/Kautsar Halim)

Metrotvnews.com, Jakarta: Perjuangan Timnas U-16 yang bakal berjuang di Piala AFF 2017 mendapat apresiasi istimewa dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Pasalnya, terdapat upacara pelepasan untuk kepergian mereka ke Thailand.

Upacara pelepasan timnas U-16 berlangsung di Gedung Flamboyan Makopasus, Cijantung, Jakarta Timur, pada Kamis 6 Juli sekitar pukul 19.00 WIB. Beberapa pemangku kepentingan yang terkait turut meramaikan upacara, tak terkecuali Ketum PSSI, Edy Rahmayadi.

Nuansa nasionalisme terasa kental dalam upacara pelepasan tersebut. Susunan acaranya dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama, penyampaian kata sambutan dari Ketum PSSI, perkenalan para penggawa timnas U-16, prosesi mencium sangsaka Merah Putih, pemakaian jaket timnas, berdoa, serta makan malam.
 

Baca: Ketum PSSI Pantau Langsung Latihan Terakhir Timnas U-16


Berbagai wejangan disampaikan Edy ketika menyampaikan kata sambutan. Semua kalimat yang terlontar dari mulutnya berhasil memompa semangat para penggawa timnas U-16 dan membuat suasana menjadi cair. 

"Kami berharap mereka (para penggawa timnas U-16) sudah bisa berbuat yang terbaik. Di kepala saya sudah terbayang bagaimana bendera Merah Putih dikibarkan oleh orang lain. Tanpa prestasi Merah Putih tak akan berkibar," kata Edy dalam kata sambutannya.
 
"Saya berbicara perang bisa menguasai tempat orang dan itu sebuah kebanggaan dalam pengalaman saya 16 kali berperang," tambahnya.
 

Baca juga: Timnas U-16 Pede Menyambut Piala AFF


"Jadi, semua tergantung kalian. Kalian sudah dibekali pelatih, skill ada tiga hal, yakni power, endurance dan speed. Saya tahu itu karena mengikuti perkembangan kalian. Terima kasih pak pelatih, selamat jalan. Anda pulang harus bawa prestasi," lanjut pria berpangkat Letnan Jenderal tersebut.

Tidak ada kegiatan lain yang dilakukan para penggawa timnas U-16 selain beristirahat setelah upacara pelepasan itu berakhir. Pasalnya, mereka semua akan terbang ke Bangkok, Thailand, Jumat 7 Juli besok.

Piala AFF U-15 dijadwalkan berlangsung pada 9 - 22 Juli. Indonesia, pada fase penyisihan grup, akan tergabung dalam Grup A bersama Australia, Laos, Myanmar, Thailand, Singapura. Target Garuda Asia di event ini adalah menjadi juara.

Video: ?Tim Futsal Putri Indonesia Batal Try Out ke Jepang



(ACF)

Video /