Menanti Gebrakan Tiga Tim yang Promosi ke Liga 1 2019

M. Rizky Adhestian    •    07 Desember 2018 10:56 WIB
liga 1 indonesia
Menanti Gebrakan Tiga Tim yang Promosi ke Liga 1 2019
Ilustrasi by medcom.id

Jakarta: Tiga tim PSS Sleman, Semen Padang, dan Kalteng Putra, resmi naik kasta ke Liga 1 Indonesia 2019. Ketiga tim tengah bersiap unjuk gigi di kasta tertinggi spak bola Indonesia tersebut.

Ya, ketiga tim ini berasal dari tiga pulau yang berbeda di Tanah Air. Seperti diketahui, PSS berasal dari Jawa, Semen Padang dari Sumatera, dan Kalteng Putra dari Kalimantan.

PSS datang dengan status juara Liga 2, usai mengalahkan Semen Padang 2-0 di partai final. Namun sebenarnya, tiket promosi sudah dipastikan sejak kedua tim menginjak babak final.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Juventus vs Inter Milan Dini Hari Nanti

Sementara itu, Kalteng Putra mendapat tiket promosinya usai menaklukkan Persita Tangerang 2-0 di Stadion Pakansari Cibinong. Dua gol kemenangan Kalteng Putra diciptakan Dendi Maulana dan I Made Adi Wrahadi.

Sebelum menyaksikan aksi tiga klub tersebut, berikut profil singkatnya:

PSS Sleman

Ini menjadi kali pertama Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki wakilnya di Liga 1 Indonesia, atau sejak ISL yang merupakan nama sebelumnya. PSS Sleman menjadi wakil DIY untuk untuk pertama kalinya di kasta tertinggi sepak bola Indonesia tersebut.

Salah satu senjata terkuat PSS ialah striker mereka, Cristian 'El Loco' Gonzalez. Terbukti, El Loco mampu membawa PSS menjadi juara dengan sumbangan satu gol di babak final kontra Padang. El Loco juga telah mengutarakan niatnya untuk tetap membela Laskar Sembada di Liga 1.

Pelatih: Seto Nurdianto

Kiper: Ega Rizky, Yoewanto Stya Beni, Rizky Arya Adiatna.

Bek: Absor Fauzi, Tedy berlian, Zamzani, Taufan Hidayat.

Gelandang: Wahyu Sukarta, Rangga Muslim, Tambun Naibaho, Yudi Khoirudin, Wira Buana Prayoga, Dave Mustaine.

Striker: Hisyam Tolle, Slamet Budiono, Arie Sandy, I Made Wirahadi, Cristian Gonzales, Irkham Zahrul Milla.

Semen Padang

Hanya butuh satu musim bagi Semen Padang untuk kembali ke Liga 1. Ya, tahun lalu, mereka harus terdegradasi ke Liga 2 usai fini di zona merah Liga 1 2017 bersama Persiba Balikpapan dan Presegres Gresik.

Menghadapi Liga 1, Semen Padang diperkirakan bakal menambah amunisi di lini serang mereka. Striker PS Tira, Aleksandar Rakic, dikabarkan masuk radar tim berjuluk Kabau Sirah tersebut. Kabar ini diperkuat dengan PS Tira yang terancam degradasi dari Liga 1 2018.

Pelatih: Syafrianto Rusli

Kiper: Mukhti Alhaaq, Guntur Pranata, Rendi Oscario Sroyer, Ahmad Iqbal Bachtiar.

Bek: Ibrahim Sanjaya, Febly Gushendra, Syaeful Anwar, Novrianto, Hengky Ardiles, Leo Guntara, Agung Prasetyo, Ahmad Taufik, Nugrah Nanak, Ahmad Mahrus Bahtiar.

Gelandang: Fridolin Yoku, Rudi, Apriyogi, Abdul Rahman Lestaluhu, Elthon Maran, Ronaldo Eko Julianto, Manda Cingi, Rosad Setiawan, Finno Andrianas, Isyad Maulana.

Striker: M. Gugum Gumilar, Rachmat Affandi, Ananias Fingkreuw, Mardiono.

Kalteng Putra

Sama dengan PSS, ini juga pertama kalinya Kalteng Putra menembus panggung Liga 1. Setelah mendapatkan kepastian promosi, Kalteng langsung berbenah.

Tidak tanggung-tanggung, Kalteng putra memulai persiapannya dengan merenovasi markas mereka, Stadion Tuah Pahoe, serta rencana merekrut pemain bintang.

Striker legendaris asal Swedia, Zlatan Ibrahimovic, disebut-sebut sebagai salah satu calon pemain baru Laskar Isen Mulang. Dikabarkan, manajemen klub sudah sampai tahap menerima respons Ibrahimovic dalam proses negosiasinya. 

Pelatih: Kas Hartadi

Kiper: Fachri Abdi, Riki Pambudi.

Bek: Ardi Yuniar, Zainal Haq, Budhiar M. Riza, Satrio Aji, Dendi Agustian.

Gelandang: Dadang Apridianto, Moses Banggo, Michael Rumere, Dominggus Fedrik, Muhammad Rais, Zulvin Zamrun, Feri Aman Saragih, Joko Sasongko.

Striker: Eksel Runtukahu, Dennis Buiney, Hari Yudo, Eki Nurhakim.




(ASM)