PSM Makassar 2016--2017

Makna Lambang Baru PSM Makassar

Andi Aan Pranata    •    15 April 2017 13:07 WIB
psm makassar
Makna Lambang Baru PSM Makassar
Peresmian logo baru PSM Makassar (MTVN/Andi Aan)

Metrotvnews.com, Makassar: Klub sepak bola PSM Makassar resmi merilis lambang baru pada seremoni di Lapangan Karebosi Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat 14 April malam. Lambang baru  itu sekaligus menggantikan lambang lama yang sudah dipakai sejak 1951 silam.

Lambang terkini diperkenalkan langsung oleh CEO PSM Munafri Arifuddin bersamaan dengan peluncuran skuat Juku Eja. Lambang itu akan langsung terpampang di bagian dada kostum tanding tim Juku Eja, mulai pertandingan perdana Liga 1 Indonesia melawan Persela Lamongan, Minggu 16 April besok.

Lambang baru PSM mengusung pola perisai dengan warna dominan merah bergradasi. Terdapat sejumlah unsur yang membentuknya, antara lain siluet kapal pinisi, bayangan bola sepak, dan simbol huruf 'V'. Pada lambang juga disematkan nama klub berikut tahun kelahirannya, 1915.

(Baca: PSM Gunakan Kostum Motif Tenun Khas Makassar di Liga 1)


Melalui keterangan pers, Munafri Arifuddin mengatakan setiap unsur pada lambang baru memiliki makna tersendiri. Pola perisai melambangkan tameng yang kuat, sebagai simbol dari kepercayaan diri, keamanan, dan kesejahteraan. Merah merupakan identitas PSM sejak didirikan.

Adapun siluet pinisi diambil dari jenis perahu tradisional masyarakat Bugis-Makassar. "Pinisi merupakan kebanggaan, serta simbol dari keteguhan dan kerja keras masyarakat Sulawesi Selatan," katanya.

Lebih lanjut disebutkan, bayangan bola sepak pada bagian tengah logo menggambarkan sepak bola sebagai olah raga paling populer dan dicintai masyarakat Sulsel. "Penyematan simbol huruf V mencitrakan victory atau kemenangan, kejayaan, kedaulatan dan kedamaian," ujar Munafri.

Sebelumnya, lambang PSM dikenal identik dengan lambang Pemerintah Kota Makassar. Menurut Munafri, hal tersebut menjadi salah satu alasan penggantian.

"PSM bukan lagi di bawah naungan pemerintah, jadi tidak bisa patenkan logo lama. Logo baru inilah nanti yang akan kami pakai sebagai penanda orisinalitas produk PSM, tanpa meninggalkan unsur-unsur kedaerahan," Munafri mengatakan.

Video: Berlusconi Resmi Jual AC Milan
 


(REN)

Video /