AFC U-20 Futsal Championship 2017

Tahan Imbang Jepang, Timnas Futsal Indonesia Melaju ke Perempat Final

Kautsar Halim    •    19 Mei 2017 17:21 WIB
timnas indonesia
Tahan Imbang Jepang, Timnas Futsal Indonesia Melaju ke Perempat Final
Selebrasi gol penggawa timnas futsal Indonesia, Samuel Eko. (Foto: afc.com)

Metrotvnews.com, Bangkok: Timnas Futsal Indonesia U-20 bertarung dramatis kontra timnas Jepang pada laga pamungkas fase Grup B AFC U-20 Futsal Championship 2017, Jumat 19 Mei. Saking sengitnya perlawanan kedua tim, skor berakhir dengan kedudukan imbang 3-3.

Jepang yang tergolong salah satu tim kuat di Asia memang berhasil mendominasi laga. Namun, perjuangan yang ditunjukkan Ardiansyah Runtuboy dan rekan tak pernah kendur hingga pengujung laga.


Klik: Mourinho Salut Melihat Dedikasi Rooney


Meski kerap tertekan, Indonesia berhasil unggul lebih dulu lewat tendangan keras Samuel Eko pada menit kesembilan. Lahirnya gol itu tak lepas dari kejelian Syauqi Saud yang memberikan assist silang. Terlecut dengan gol tersebut, Jepang langsung meningkatkan intensitas serangan dan lebih sering mengurung Indonesia. Kondisi ini membuat Jepang mampu menyamakan kedudukan lewat tendangan Yamada pada menit ke-12.

Lahirnya gol penyeimbang itu membuat Jepang makin percaya diri untuk bermain-main di wilayah pertahanan Indonesia. Alhasil, berselang semenit kemudian atau tepatnya pada menit ke-13, Yamada sukses mencetak gol kedua untuk Jepang.


Klik: Transfer Termahal Dunia jadi Beban buat Pogba


Indonesia sering kesulitan untuk membalas serangan Jepang. Peluang-peluang yang mereka ciptakan masih terlalu mentah dan mudah dihalau kiper lawan. Akhirnya, kedudukan 1-2 untuk keunggulan Jepang bertahan hingga turun minum.

Jalannya pertandingan pada babak kedua makin sengit karena Indonesia tidak mau tertinggal begitu saja oleh Jepang. Namun alih-alih mengejar ketertinggalan, Jepang malah memperbesar keunggulan lewat Shimizu pada menit ke-35.

Tertinggal 1-3 tidak membuat Indonesia patah semangat. Justru sebaliknya, anak-anak asuh Yori van der Torren malah meningkatkan intensitas permainan dan sukses menyamakan kedudukan pada pengujung laga.

Skor berubah menjadi 3-3 lewat dua gol tambahan yang dicetak Samuel Eko pada menit ke-37 dan menit ke-40. Skema lahirnya gol ketiga mirip dengan strategi yang digunakan ketika menghadapi Vietnam sehari yang lalu.

Jepang tak berkutik ketika keunggulannya dikejar dalam waktu yang sangat mepet. Skor imbang 3-3 itu akhirnya tetap bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Hasil imbang ini sudah cukup untuk memastikan Indonesia  lolos dari fase grup atau melaju ke babak perempat final. Saat ini, Indonesia memimpin klasemen sementara Grup B dengan koleksi delapan poin.

Vietnam masih memiliki dua laga yang tersisa. Namun, salah satu pertandingan tersebut adalah menghadapi Jepang yang wajib menang apabila ingin merebut satu tiket perempat final lainnya.

Berikut susunan pemain Indonesia vs Jepang:

Jepang: Saka Keisuke; Ishida Kentaro; Nakamura Mitsuru, Uematsu Koto; Shimizu Kazuya.

Indonesia: Muhammad Al Bagir; Aditya Muhammad Rasyid; Ardiansyah Nur, Syauqi Saud; Samuel Eko.

 


(ASM)

Dybala Serahkan Masa Depannya ke Juventus
Bursa Transfer Pemain

Dybala Serahkan Masa Depannya ke Juventus

2 hours Ago

Paulo Dybala menyerahkan sepenuhnya kepada Juventus tentang masa depannya. Sebab pemain interna…

BERITA LAINNYA
Video /