Polemik Walk Out Persib

Soal Sanksi Persib, Komdis akan Hati-hati Memutuskan

Patrick Pinaria    •    06 November 2017 21:32 WIB
persijapersib bandungliga 1 indonesia 2017
Soal Sanksi Persib, Komdis akan Hati-hati Memutuskan
Laga antara Persija Jakarta kontra Persib Bandung yang berakhir kontroversi (Foto: Antara)

Metrotvnews.com, Jakarta: Persib Bandung mengambil keputusan mengejutkan saat menghadapi Persija Jakarta pada pekan ke-33 Liga 1 Indonesia 2017, Jumat 3 November 2017. Pada laga tersebut, Maung Bandung memutuskan walk out (wo) ketika laga tersisa tujuh menit. Persib pun terancam sanksi berat dari federasi.

Kejadian berawal ketika salah satu bek Persib Vladimir Vujovic mendapat kartu kuning kedua. Bek asal Montenegro tersebut mendapat kartu kuning kedua lantaran mengucapkan kata kasar kepada wasit.

Keputusan wasit ternyata membuat kubu Persib geram. Salah satunya ditunjukkan manajer Persib Umuh Muchtar. Saking geramnya, ia menginstruksikan para pemain tidak melanjutkan pertandingan.

Baca juga: PT LIB Serahkan Nasib Persib ke Komdis PSSI

Merujuk pada peraturan PT Liga Indonesia Baru (LIB), keputusan walk out yang diambil Persib bisa membuat mereka terancam keluar dari Liga 1 Indonesia 2017. Regulasi itu tertuang pada Pasal 13 ayat 1 B dan C. Nantinya, sanksi tersebut akan diputuskan oleh Komisi Disiplin PSSI.

"Setiap klub dapat dianggap dan dinyatakan mengundurkan diri dari Liga 1 apabila: b. menolak untuk melanjutkan pertandingan di Liga 1; atau c. meninggalkan lapangan atau stadion sebelum selesainya pertandingan yang dijalankan," tulis pasal tersebut dalam buku manual liga.

Meski sanksi tersebut jelas tertuang pada pasal, Ketua Komdis PSSI Asep Edwin mengaku masih butuh waktu mempertimbangkan untuk menjatuhkan sanksi. Sebab, ia harus mempelajari lebih detil terlebih dulu kasus tersebut.

Baca juga: Dramatis, Lilipaly jadi Penentu Kemenangan Bali United atas PSM Makassar

"Ini masih menjadi perhatian kami. Tetapi, mohon maaf, kami belum bisa menyampaikan apa-apa untuk saat ini. Sebab, kalau mempertanyakan rujukan regulasi, memang Komdis diperbolehkan memberikan hukuman. Tetapi kami mesti pelajari detil pertandingan seperti apa," kata Asep.

"Walaupun saya Ketua (Komdis), saya tidak berhak memutuskan secara sepihak. Karena dalam rapat nanti, ada lima anggota lainnya yang juga akan ikut memutuskan," lanjutnya.

Video: Timnas Indonesia U-19 Dikalahkan Malaysia 4-1
 


(RIZ)

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar
Paris Saint-Germain vs Celtic

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar

12 hours Ago

Neymar berhasil menyarangkan sepasang gol ke gawang Celtic  pada menit ke-9 dan menit ke-2…

BERITA LAINNYA
Video /