Liga 1 2017

Serba Salah soal Wasit

Krisna Octavianus    •    11 Oktober 2017 11:42 WIB
liga 1 indonesia 2017
Serba Salah soal Wasit
Tiga orang wasit asal Australia Shaun Robert Evans (tengah), George Lakrindis (kiri) dan Wilson Kenneth Brown (kanan). (Foto: Ant/Nova Wahyudi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Permasalahan wasit dalam sepak bola Indonesia ibarat pepatah "maju kena mundur kena". Tidak pernah ada titik temu yang baik soal korps baju hitam tersebut, termasuk ketika sudah memakai wasit asing. Selalu saja ada yang salah.

Sejak dahulu kala, masalah wasit seperti sudah ada rasa saling curiga. Tim yang bermain sebagai tim tandang selalu mengatakan wasit berat sebelah, lalu jika wasit melakukan keputusan yang salah, satu tim lain merasa dirugikan. Ini adalah cerita klasik soal sepak bola jika dikaitkan dengan wasit.

Sampai pada akhirnya, PSSI membuat keputusan untuk menggunakan wasit asing pada pentas Liga 1 Indonesia musim ini. Akan tetapi, tetap saja suara-suara sumbang mengiringi kiprah wasit internasional, apalagi jika melakukan kesalahan.

Baca: Catatan Hitam Belanda


Masalah ini juga yang disoroti 15 klub Liga 1 yang sebelumnya mengancam mogok main karena dinilai tidak adil soal penyebaran wasit asing dalam memimpin pertandingan. Direktur kompetisi PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), Tigo Shalom Boboy sampai angkat bicara soal wasit ini.

Dia mengatakan tidak ada titik temu sampai saat ini soal wasit yang selalu dicurigai oleh masing-masing klub yang merasa dirugikan. Sampai-sampai dia mengaku, kalau saja wasit asing masih terus dipermasalahkan, itu justru ada yang salah di antara klub-klub ini.

"Wasit sampai kiamat akan jadi berita. Selama hanya dari satu pihak, ini tidak akan ketemu. Ini kita sampaikan ke klub, mereka aware atau tidak sama peraturan," ujar Tigor kepada wartawan usai pertemuan PSSI, PT LIB, dan perwakilan klub Liga 1.

Baca: Brasil Paksa Juara Copa America Absen di Piala Dunia 2018


"Kalau mereka tidak paham aturan, parameternya jadi tidak bisa ketemu. Kalau saling ada kepercayaan ini bisa berjalan dengan baik. Keputusan penggunaan wasit asing kan dari federasi, maka itu kami putuskan," ungkap Tigor.

"Ini jadinya seperti ini, kalau wasit asing ternyata masih bermasalah juga, berarti ada yang salah di antara kita," pungkas Tigor.

Ide penggunaan wasit asing sebelumnya berwal dari ketidakpuasan klub-klub Liga 1 dengan performa wasit lokal. Sejauh ini sudah ada beberapa wasit asing yang diimpor dari Australia, Kyrgystan, dan Iran.
 
Video: Tuntutan 15 Klub Liga 1 Hanya Kesalahpahaman


(ASM)

Jumpa Madrid, PSG Siap Menonjolkan Karakter
Liga Champions 2017--2018

Jumpa Madrid, PSG Siap Menonjolkan Karakter

2 hours Ago

Paris Saint-Germain (PSG) akan bentrok dengan Real Madrid pada babak 16-besar Liga Champions. P…

BERITA LAINNYA
Video /