?Liga 1 Indonesia 2018

Liga 1 Indonesia 2018, Padat Big Match

Gregah Nurikhsani Estuning    •    29 November 2017 12:31 WIB
liga indonesia
Liga 1 Indonesia 2018, Padat <i>Big Match</i>
Pesepak bola Persebaya Surabaya Rahmat Irianto (ketiga kiri) melupakan kegembiraan usai mencetak gol ke gawang PSIS Semarang. (Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Jakarta: Tiga tim sarat tradisi di persepakbolaan Indonesia memastikan diri promosi ke Liga 1 musim depan. Mereka adalah Persebaya Surabaya, PSMS Medan, dan PSIS Semarang. Kehadiran ketiganya bakal menambah ramai duel klasik mau pun derby di divisi tertinggi Liga Indonesia.

Persebaya berhasil keluar sebagai juara Liga 2 setelah pada partai final mengalahkan PSMS dengan skor 3-2. Irfan Jaya mencetak dua gol pada laga tersebut, yang salah satunya disumbangkan pada babak tambahan.

Sementara pada perebutan juara ketiga dan 'final sesungguhnya' yang mempertemukan PSIS kontra Martapura FC berakhir dengan penuh drama dan hujan gol. Laskar Mahesa Jenar, julukan PSIS, menemani PSMS dan Persebaya ke Liga 1 berkat kemenangan 6-4.

Baca: Luapan Emosional Subangkit Usai PSIS ke Liga 1

Persebaya, PSMS, dan PSIS sejatinya bukanlah klub sembarangan dalam sejarah panjang sepak bola Indonesia. Banyak pemain hebat yang melegenda baik di level klub mau pun timnas Merah-Putih.

Bajul Ijo, julukan Persebaya, pernah memiliki Mustaqim dan Yusuf Ekodono pada era 80-an akhir. Pada era 90-an sampai awal 2000-an, ada Bejo Sugiantoro. Semuanya punya andil besar dalam mewarnai sepak bola Indonesia, seperti Mustaqim yang menggondol medali perunggu SEA Games 1989 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Terkait Ayam Kinantan jangan ditanya lagi. Sudah lusinan pemain hebat yang pernah merasakan atmosfer Stadion Teladan Medan. Mulai dari Anjas Asmara, Ricky Yakobi sampai penjaga gawang Ponirin. Mereka juga menorehkan memori manis dalam perjalanan Timnas Indonesia.

Sedangan PSIS pernah menelurkan Ribut Waidi sebagai salah satu pemain terhebat yang pernah dimiliki timnas. Beberapa pesepak bola andal juga sempat bermain di PSIS, seperti Muhammad Ridwan, Indriyanto Nugroho, Maman Abdurrahman, atau pemain asing semisal Emmanuel de Porras atau Ronald Fagundez.

Persebaya Surabaya terakhir kali menjuarai Liga Indonesia pada tahun 2004. Saat itu format kompetisi sudah satu wilayah dan diisi oleh 18 tim.

PSIS nyaris 20 tahun lalu juga pernah merasakan gelar juara Liga Indonesia, tepatnya 1998--1999. Sayang, tahun 2009 mereka harus turun kasta dan absen di level tertinggi sepak bola Indonesia hingga 2017.

Sementara bagi PSMS, gelar juara sudah sejak tahun 1985 tidak mampir ke Medan. Namun demikian, nama besar PSMS tak pernah luntur sekali pun telah lama puasa gelar.

Liga 1 2018 Dipenuhi Jawara
Kompetisi Liga 1 musim depan diprediksi berjalan sengit karena lebih dari setengah pesertanya pernah merasakan sedikitnya satu kali gelar juara liga.

10 dari 18 tim yang berlaga di Liga 1 2018, termasuk Persebaya, PSMS dan PSIS, pernah mencicipi gelar juara divisi tertinggi Liga Indonesia. Tujuh tim lainnya adalah Bhayangkara FC, PSM Makassar, Persija Jakarta, Persipura Jayapura, Arema FC, Sriwijaya FC, dan Persib Bandung.

Padat Duel Klasik
Selain dipenuhi jawara-jawara, Liga 1 Indonesia 2018 juga bakal menyajikan lebih banyak partai klasik dan derby. Musim lalu terdapat beberapa derby, di antaranya:

- Persipura vs Perseru (Derby Papua)
- Persiba vs Mitra Kukar vs Barito Putera vs Borneo FC (Derby Kalimantan)
- Persela vs Arema FC vs Madura United vs Persegres (Derby Jatim)
- Persija vs Persib (Duel Klasik El-Classico Indonesia)

Kembalinya Persebaya, PSMS dan PSIS tentu menambah warna lagi. PSIS menjadi satu-satunya tim Jawa Tengah musim depan, sedangkan PSMS meramaikan tim-tim asal Sumatera, lalu Persebaya membuat Arema FC dan Persela mendapatkan musuh berat baru.

- PSIS vs Persebaya (Duel Klasik)
- PSMS vs Persib (Duel Klasik)
- PSMS vs Sriwijaya FC (Derby Sumatera)
- Persebaya vs Arema FC vs Persela vs Madura United (Derby Jatim)

Video: Persija Gelar Rayakan Ulang Tahun bersama Anak Yatim
 


(ASM)

Jadwal Pertandingan Babak 16 Besar Liga Champions 2017--2018
Undian Babak 16 Besar Liga Champions 2017--2018

Jadwal Pertandingan Babak 16 Besar Liga Champions 2017--2018

1 hour Ago

Laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions akan digelar pada 13-14 dan 20-21 Februari 2018.…

BERITA LAINNYA
Video /