Calo 'Menguasai' Tiket Pertandingan Timnas U-19

Syaikhul Hadi    •    10 Juli 2018 11:23 WIB
timnas u-19
Calo 'Menguasai' Tiket Pertandingan Timnas U-19
Suasana antrean tiket di Gelora Delta Sidoarjo. (Foto: medcom.id/Syaikul Hadi)

Sidoarjo: Ajang piala AFF 2018 di Gelora Delta Sidoarjo menjadi ajang meraup keuntungan bagi calo. Betapa tidak, harga yang dipatok para calo untuk menjual tiket naik dua hingga tiga kali lipat.

Hal itu diceritakan salah satu penonton yang kehabisan tiket meski telah menunggu beberapa jam di kawasan Gelora Delta Sidoarjo. Pandu (24) asal Taman Sidoarjo, terpaksa mengurungkan niatnya untuk menonton langsung Timnas Indonesia U-19 di ajang Piala AFF. 

"Kalau beli di calo mahal. Bisa sampai berlipat-lipat," kata Pandu saat ditemui medcom.id di sekitaran Gelora Delta Sidoarjo pascainsiden yang terjadi di tempat pembelian tiket, Senin 9 Juli 2018.

Untuk harga Ekonomi, lanjutnya, biasanya dijual seharga Rp30 ribu di loket. Sedangkan tiket utama dijual seharga Rp60 ribu. Dan tiket VIP dijual seharga Rp100 ribu. Sayangnya, lonjakan harga tiket langsung meningkat pascapengumuman tiket sudah terjual habis.

"Untuk ekonomi, dari Rp30 ribu dijual Rp80 ribu per tiket. Sedangkan untuk tiket utama dari Rp60 ribut dijual Rp150 ribu. Dan untuk tiket VIP dari harga Rp100 ribu dijual Rp250 ribu," kata Pandu.

Sementara, Imam (40) asal Krian Sidoarjo mengeluhkan banyaknya calo yang berkeliaran di kawasan Gelora Delta Sidoarjo. Ia yang sudah datang sejak pukul 08:00 WIB melihat langsung banyaknya calo yang sudah mulai berjualan tiket. Padahal, loket dibuka pada pukul 08:30 WIB.

"Kalau loketnya buka pukul 08:30 WIB, terus mereka dapat darimana tiketnya, kok sudah dijual bebas," keluh Imam.

Baca: Egy Maulana Vikri Akhirnya Resmi Dikontrak Lechia Gdansk


Terlebih, ribuan tiket terlanjur habis dalam beberapa jam kemudian. Ia menyayangkan jika kondisi seperti ini terus menerus terjadi di Indonesia. "Kasihan mereka yang sudah menunggu lama. Rela mengantre berjam-jam demi mendapatkan tiket. Belum lagi mereka yang datang dari luar kota hanya untuk melihat timnas asal Indonesia berlaga dalam AFF 2018," tandasnya.

Pantauan di lapangan, pascainsiden di tempat antrean loket terjadi, di depan loket ditemui sejumlah calo dengan membawa segepok tiket untuk dijual kepada penonton. Mereka secara terang-terangan menawarkan harga tiket di luar batas kewajaran. Kondisi seperti ini seakan menjadi hal yang wajar pada saat event-event nasional.

Koordinator Panpel AFF U -19, Bandung Saputra mengatakan, pihaknya sudah mencetak 26 ribu lembar tiket untuk laga Indonesia vs Thailand. Dari jumlah tersebut sebanyak 22 ribu dijual melalui loket penjualan yang berada di Stadion Gelora Delta Sidoarjo dan sisanya sebanyak 4 ribu tiket terjual melalui online.

"Total tiket terjual sebanyak 26 Ribu lembar. Penjualan melalui box tiket sebanyak 22 ribu lembar dan secara online 4 ribu lembar tiket," terang Bandung.

Untuk memudahkan calon penonton, Panpel membuka sebanyak sembilan loket penjualan. Sebelah sisi selatan pintu utama disediakan sebanyak lima loket untuk kelas ekonomi dan di sisi utara ada empat loket untuk melayani penonton kelas Utama dan VIP.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Menyusuri Keindahan Kota Terindah di Dunia, St. Petersburg, #SalamdariRusia


(ASM)


Video /