Semifinal Piala AFF 2016: Indonesia vs Vietnam

Timnas Indonesia Wajib Waspadai Kecepatan Vietnam

Roni Kurniawan    •    28 November 2016 21:17 WIB
piala aff
Timnas Indonesia Wajib Waspadai Kecepatan Vietnam
Pelatih Persib Bandung, Djadjang Nurdjaman (Foto: MTVN/Roni Kurniawan)

Metrotvnews.com, Bandung: Tim Nasional Indonesia akan melakoni laga berat di fase semifinal Piala AFF 2016 kala menghadapi Vietnam. Berstatus sebagai tuan rumah pada leg pertama 3 Desember nanti, Garuda diwajibkan antisipasi permainan cepat yang sering diperagakan Vietnam.

Menurut pelatih Persib Bandung Djadjang Nurdjaman, kekuatan Vietnam saat ini sama dengan Timnas Indonesia yakni memiliki kecepatan. Meskipun Andik Vermansyah dan kolega berhasil mengatasi dua tim yang memiliki kecepatan yaitu Filipina dan Singapura di fase grup, namun Vietnam dinilai harus mendapatkan perhatian khusus, terlebih mereka keluar sebagai juara di grup B usai menyapu bersih tiga laga dengan kemenangan.

"Setelah melihat pertandingan sebelumnya, pemain unggul kecepatan lawan Filipina dan Singapura, tapi lawan Vietnam mereka punya kecepatan juga," kata pelatih yang akrab disapa Djanur ini.

Sebelum bentrok di semifinal, Indonesia dan Vietnam sudah dua kali saling berhadapan di laga uji coba. Pada pertemuan pertama di Stadion Maguwoarjo, Sleman, Yogyakarta, Timnas Indonesia harus puas bermain imbang 2-2. Sedangkan pada laga uji coba kedua, Indonesia yang sempat dua kali unggul, akhirnya harus takluk 2-3 di My Dinh National Stadium, Hanoi.
 

Baca: Mengintip Rekor Pertemuan Indonesia vs Vietnam di Piala AFF


Catatan tersebut pun dikatakan Djanur menjadi modal bagi pelatih Alfred Riedl untuk meneropong kembali kekuatan Vietnam. Terutama untuk menambal lini pertahanan Timnas yang ditinggal dua bek tengah yakni Rudolof Yanto Basna dan Fachruddin karena hukuman akumulasi kartu kuning.

"Memainkan pemain yang jarang turun sedikit masalah. Tapi saya berharap bermain di kandang kita bisa menang dan cetak gol," katanya.

Djanur mengatakan, sistem home away yang diterapkan pada laga semifinal cukup menguntungkan Indonesia. Pasalnya Indonesia memiliki kesempatan pertama berstatus sebagai tuan rumah dan mempunyai kans besar untuk menang.
 

Baca juga: Mengukur Peluang Juara Timnas Indonesia


"Saya pikir ini lebih menguntungkan, kita bisa menang di sini dan leg kedua bisa bertahan dan mempertahankan kemenangan dan lolos," paparnya.

Namun Djanur enggan berprediksi lebih jauh, terlebih lawan yang dihadapi merupakan tim yang cukup produktif dari tiga laga babak fase grup. Vietnam mampu sapu bersih laga dengan kemenangan dan memiliki catatan mencetak 5 gol serta kebobolan 2 gol.

"Barometer di partai uji coba, peluangnya 50:50. Tapi dari pertemuan terakhir, ini lebih berat," tandas Djanur.

Video: Lini Tengah Indonesia Harus Solid Hadapi Vietnam
 


(ACF)

Video /