Perempat Final Piala Presiden 2019

Pelatih Kalteng Putra: Wasit Hanya Manusia Biasa!

Muhammad Al Hasan    •    28 Maret 2019 23:15 WIB
persijaPiala Presiden 2019
Pelatih Kalteng Putra: Wasit Hanya Manusia Biasa!
Pelatih Kalteng Putra, Gomes De Oliviera. (Foto: medcom.id/Muhammad Al Hasan)

Kalteng Putra unggul lebih dulu lewat gol Patrich Wanggai prosesnya diduga menggunakan tangan. Tapi, Persija Jakarta mampu membalasnya dengan gol Bruno Matos yang berbau offsides.

Jakarta:
Gol Patrich Wanggai dalam laga Kalteng Putra kontra Persija Jakarta menuai kontroversi. Pihak Persija Jakarta beranggapan gol itu tidak sah karena prosesnya menggunakan tangan atau handsball.

Kalteng Putra bentrok dengan Persija untuk memainkan perempat final Piala Presiden 2019. Pertandingannya berlangsung dramatis di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi Kamis 28 Maret.

Gol Wanggai yang diduga handsball tercipta pada menit ke-56 untuk membawa Kalteng Putra unggul lebih dulu. Kendati demikian, Thoriq Alkatiri selaku wasit tetap menganggap gol tersebut sah.
 

Klik: Kalteng Putra Singkirkan Persija dari Perempat Final


Pelatih Kalteng Putra Gomez De Oliviera mengklaim tidak bisa melihat dengan jelas proses gol yang dicetak Wanggai. Penglihatannya terbatas jarak pandang dan terhalang para pemain di area penalti.

"Kalau kita lihat di TV, kemungkinan dia (Wanggai) handsball. Tapi waktu di lapangan siapa yang lihat? Mungkin kalian enggak lihat dan begitu juga saya," kata Gomez dalam jumpa pers usai laga.

"Saya tidak lihat karena banyak orang di dalam kotak penalti. Saya hanya lihat bola sudah masuk ke dalam gawang. Kalau memang terkena tangan, wasit pun bisa salah. Dia hanya manusia biasa," tambahnya.
 

Klik: Reaksi Kubu Persija tentang Gol Kontroversial Patrich Wanggai


Meski tertinggal, Persija bisa menyamakan kedudukan lewat gol Bruno Matos yang diduga posisinya sudah terperangkap offsides pada menit ke-77. Hasil imbang 1-1 membuat laga diselesaikan lewat adu penalti hingga akhirnya Persija kalah dengan skor, 3-4.

Sejatinya, gol kontroversi Wanggai juga sudah bisa direlakan Persija Jakarta. Itu diketahui lewat pernyataan pelatih Ivan Kolev yang memberikan selamat kepada Kalteng Putra saat mendapat giliran jumpa pers seusai laga. 

"Saya tadi tanya wasit dan terkejut dengan jawabannya yang bilang I dont see. Meski begitu, enggak apa-apa. Terpenting adalah congratulations untuk Kalteng," kata Ivan. 

Video: De Ligt Dinilai Cocok untuk Bayern Munchen dan Juventus




(KAU)