Laga Persib vs Persiwa Aman, Polisi Apresiasi Bobotoh

Roni Kurniawan    •    12 Februari 2019 10:09 WIB
persib bandungPiala Indonesia
Laga Persib vs Persiwa Aman, Polisi Apresiasi Bobotoh
Suasana koreo yang dilakukan Bobotoh di Stadion Si Jalak Harupat. (Foto: medcom.id/Roni Kurniawan)

Kepolisian Polres Bandung mengapresiasi ketertiban bobotoh. Mereka juga berharap, kondisi seperti ini berlanjut saat Persib menjamu Arema.

Bandung: Jajaran kepolisian dari Polres Bandung mengapresiasi sikap bobotoh saat Persib Bandung menjamu Persiwa Wamena di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Senin 11 Februari 2019. Pasalnya sepanjang laga, tak ada nyanyian rasial serta flare atau kembang api meski Persib menang telak 7-0.

Menurut Kapolres Bandung, AKBP Indra Hermawan, laga yang menentukan langkah Persib di ajang Piala Indonesia tersebut berjalan dengan aman dan tertib. Bahkan sepanjang laga pun petugas tidak melihat adanya flare yang dinyalakan oleh bobotoh karena telah dilakukan pemeriksaan atau razia sebelum memasuki tribun penonton.

"Bobotoh tertib, tadi saya lihat sangat tertib. Alhamdulillah tadi berjalan tertib, semuanya mengalir mulai dari ring empat, tiga, dua, satu. Cuma ada sedikit evaluasi yang harus kita perbaiki untuk pertandingan selanjutnya nanti," ujar Indra usai laga Persib vs Persiwa.

Sikap bobotoh yang tertib pun diakui Indra tidak lepas dari ajakan untuk menyuarakan atau ajakan berkegiatan positif yang dilombakan pihak Polres Bandung sebelum laga Persib vs Persiwa dimulai. Bahkan terdapat ratusan spanduk di sepanjang pagar Stadion SJH yang berisikan ajakan untuk santun di stadion.

Baca: Uji Coba Timnas U-22 dengan Tim Liga 1 Jadi Solusi Terbaik

"Saya ajak mereka ayo bikin jadi suporter yang kreatif, yang santun, dan mereka mau untuk itu. Nanti kalau ada pertandingan lagi saya akan mengajak lagi, karena persib itu tim yang besar, bobotoh itu suporter yang besar, mereka saling menunjang, nama Persib ada karena ada bobotoh, bobotoh ada karena Persib, seharusnya mereka harus saling menjaga," beber Indra.

Situasi laga Persib vs Persiwa diakui Indra menjadi salah satu tolok ukur untuk laga selanjutnya kala Persib menjamu Arema FC di Stadion SJH. Ia pun berharap, jika Persib nanti menjamu Arema di Stadion SJH sikap bobotoh tetap santun, bahkan Polres Bandung akan kembali mengajak bobotoh untuk berkreasi sebagai upaya menuju suporter yang lebih santun.

"Tapi menurut saya tadi aman, relatif kondusif, di jalur kepulangan juga aman alhamdulillah, semoga ini menjadi pelajaran berharga buat bobotoh, petugas, Persib juga agar lebih berprestasi," harapnya.

Video: Kemana Langkah Liliyana Natsir?


(ASM)