Piala AFF U-15

Pelatih Timnas U-16 Mengeluhkan Kondisi Lapangan di Piala AFF U-15

Kautsar Halim    •    10 Juli 2017 19:03 WIB
timnas indonesiapiala aff u-15
Pelatih Timnas U-16 Mengeluhkan Kondisi Lapangan di Piala AFF U-15
Skuat Timnas U-16. (Foto: Ant/Indrianto Eko Suwarso)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pelatih timnas U-16, Fakhri Husaini membeberkan alasan timnya tampil kurang oke pada laga perdana Piala AFF U-15, Minggu 9 Juli. Menurutnya, itu terjadi karena faktor lapangan yang digunakan.

Timnas U-16 hanya meraih hasil imbang ketika melakoni laga perdana Piala AFF U-15 kontra Myanmar. Dalam laga yang berkesudahan dengan skor 2-2 itu, Garuda Asia terlihat kesulitan mencetak gol.

Hasil laga itu terbilang mengejutkan, karena sejatinya timnas U-16 unggul di atas kertas dari Myanmar. Seperti diketahui, Myanmar sempat dibantai dengan skor 4-1 pada turnamen mini bertajuk Plastic Cup di Vietnam beberapa waktu lalu.

Baca: Ketum PSSI Bicara Persaingan Fase Grup Piala AFF U-15


Fakhri selaku pelatih juga mengaku tidak menduga timnya bisa ditahan imbang. Akan tetapi, ia cukup memaklumi hasil tersebut karena telah salah prediksi dengan lapangan yang digunakan.

Lapangan tempat bertanding timnas U-16 adalah Chonbury Campus Stadium 2. Lapangan itu menyulitkan pergerakan karena menggunakan rumput sintesis. Sementara itu, pemusatan latihan timnas menjelang AFF U-15 terlaksana di Lapangan Atang Sutresna, Cijantung, Jakarta Timur, yang menggunakan rumput biasa.

Baca: Evaluasi Timnas U-16 dan Persiapan Menghadapi Thailand


"Tentu saja ada perbedaan signifikan ketika bermain di lapangan rumput dengan di lapangan sintetis," kata Fakhri setelah dihubungi wartawan via Whatsapp, Senin (10/7/2017).

"Kendala itu tidak terantisipasi karena kami baru tahu laga kontra Myanmar main di lapangan sintetis pada H-1," tambahnya.

Tidak ada siasat khusus yang bakal diterapkan Fakhri dengan kendala lapangan tersebut. Pasalnya, ia menyebutkan tidak semua laga timnas U-16 di fase grup bakal berlangsung di lapangan sintetis. Terhitung dari lima laga yang dimainkan, tiga pertandingan di antatanya akan bergulir di lapangan sepak bola Chonbury Campus Stadium 1 yang menggunakan rumput biasa.

"Dari lima laga yang tersedia, hanya dua saja yang berlangsung di lapangan sintetis, yakni kontra Myanmar di laga pembuka dan kontra Singapura pada laga pamungkas. Sementara itu, tiga laga lainnya akan dimainkan di rumput biasa," pungkas Fakhri.

Sebelum kembali menghadapi Singapura di lapangan sintesis, secara berurutan timmas U-16 akan menghadapi Thailand, Australia dan Laos di lapangan Chonbury Campus Stadium 1.

Video: Piala AFF U-15, Indonesia Bermain Imbang Lawan Myanmar
 


(ASM)

Video /